Senin, 4 Juli 2022
No Result
View All Result
www.indopos.co.id

Magazine Paten kesatu 2022

  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
www.indopos.co.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
No Result
View All Result
Home Nasional

Kementerian ATR/BPN Berkomitmen dan Berupaya sebagai Badan Publik yang Terbuka dan Transparan

by arm
Rabu, 25 Mei 2022 - 15:10
in Nasional
Menteri ATR BPN

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil. Foto: Kementerian ATR/BPN

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOS.CO.ID – Beberapa waktu lalu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ditetapkan sebagai Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik untuk tahun 2022 dari 749 instansi yang mendaftar dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4). Capaian tersebut diperoleh setelah melewati tahap evaluasi dokumen pada Kompetisi P4 yang digagas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Sebagai tindak lanjut, salah satu tahapan yang dilalui, yakni kegiatan evaluasi lanjutan Kompetisi P4 dilaksanakan secara daring pada Selasa (24/05/2022). Dalam tahapan ini, hadir sebagai narasumber Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil yang didampingi Sekretaris Jenderal, Himawan Arief Sugoto; Inspektur Jenderal, Sunraizal; Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Suyus Windayana; Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan, R. B. Agus Widjajanto; serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati.

BacaJuga

Kementan Beri Pendampingan Vaksinasi PMK di Kabupaten Banyuasin

Tangani PMK di Tulungagung, Kementan Turunkan Tim Relawan

Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan, ia sangat percaya bahwa transparansi informasi dan keterbukaan itu akan mengurangi banyak sekali penyalahgunaan dan praktik tidak terpuji. Oleh sebab itu, ia telah memperkuat regulasi dan kebijakan pengelolaan pengaduan dalam rangka melaksanakan akuntabilitas Kementerian ATR/BPN. Di antaranya melalui Rencana Strategis Kementerian ATR/BPN 2020-2024, penerbitan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Pengaduan Kementerian ATR/BPN, Surat Keputusan (SK) Rencana Aksi Pengelolaan Pengaduan melalui Keputusan Menteri ATR/Kepala BPN, SK Tim Pengelolaan Pengaduan, dan SK Penunjukan Admin SP4N LAPOR!.

Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan bahwa Kementerian ATR/BPN berkomitmen melakukan pelayanan publik yang prima. Salah satunya dengan keterlibatan secara langsung para pimpinan dalam tindak lanjut pengaduan masyarakat. “Kita terus melakukan peningkatan pelayanan, kita koordinasikan dan evaluasi secara rutin terhadap pelaksanaan pekerjaan. Dan kalau ada konflik kita coba selesaikan dulu melalui mediasi. Mediasi ini banyak sekali menyelesaikan konflik atau sengketa antar masyarakat,” tutur Sofyan A. Djalil.

Terkait penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan pengaduan juga diutarakan Menteri ATR/Kepala BPN. Ia menjelaskan, masyarakat dapat menyampaikan aduannya melalui beberapa kanal, yaitu melalui SP4N LAPOR!, surat@atrbpn.go.id, Hotline Pelayanan Pertanahan yang tertera pada bit.ly/HotlinePelayananPertanahan, loket penerimaan surat, serta ruang pengaduan dan konsultasi yang disediakan di kantor Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah BPN Provinsi, dan Kantor Pertanahan di kabupaten/kota. “Kita juga mendorong supaya masyarakat menggunakan SP4N LAPOR! sebagai satu kanal pengaduan masyarakat, karena LAPOR! ini bukan hanya kami yang mengawasi, tapi sistem akuntabilitas ini juga dimonitor oleh Kementerian PANRB,” terang Sofyan A. Djalil.

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pertanahan dan tata ruang serta memberikan umpan balik untuk perbaikan layanan ke depan, Kementerian ATR/BPN telah melakukan transformasi digital pada layanan pertanahan dan tata ruang. Adapun layanan yang telah didigitalisasi di antaranya informasi layanan pertanahan melalui aplikasi Sentuh Tanahku, pendaftaran layanan melalui aplikasi Loketku, sistem informasi geografi tata ruang melalui aplikasi GISTARU, layanan pertanahan elektronik, aplikasi tindak lanjut pengaduan masyarakat secara online, permohonan informasi publik secara online, informasi bidang tanah pada aplikasi Bhumi, dan informasi pengawasan teknis penataan ruang melalui aplikasi Siwastek. “Kami yakin layanan elektronik akan menyelesaikan masalah. Kami yakin layanan elektronik sangat aman, sangat mudah, sangat cepat, dan akurat,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Terakhir, Menteri ATR/Kepala BPN memaparkan bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat melalui SP4N LAPOR! dan kanal pengaduan lainnya di Kementerian ATR/BPN cukup responsif. Berdasarkan data, dari 7.921 laporan yang masuk, telah selesai direspons sejumlah 7.608 laporan dengan persentase penyelesaian pengaduan 96,05%. “7.921 laporan yang masuk ini dari sekitar 79 juta bidang tanah yang sudah terdaftar. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan pengaduan di Kementerian ATR/BPN tingkat responsnya relatif cukup bagus,” pungkas Sofyan A. Djalil. (rmn)

Tags: Badan Publikkementerian atr/bpn
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Kementerian ATR/BPN
Nasional

Kolaborasi Kementerian ATR/BPN dan Pemprov Jatim Sukseskan Percepatan PTSL

Minggu, 3 Juli 2022 - 19:02
BPN Prov Kaltim
Nusantara

Komitmen Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Timur Mendukung Pembangunan IKN Nusantara

Sabtu, 2 Juli 2022 - 18:43
Digitalisasi Layanan Pertanahan
Nasional

Menteri ATR/Kepala BPN: PTSL dan Digitalisasi Layanan Pertanahan Harus Dipercepat

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:21
suyus
Nasional

Pemerintah Targetkan 2024 Seluruh Kebun Sawit Sudah Bersertifikat

Minggu, 26 Juni 2022 - 23:24
atr bpn
Nasional

Menteri ATR/Kepala BPN Harapkan Masyarakat Urus Sertipikat Tanah secara Mandiri

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:57
atr
Nasional

Hadi Tjahjanto: Sesuai Perintah Presiden, PTSL agar Dipercepat

Rabu, 22 Juni 2022 - 13:26
Load More

Populer hari ini

Minion Tray

McDonald’s Luncurkan Merchandise Minions Tray Edisi Terbatas

Sabtu, 2 Juli 2022 - 14:35
Penjabat Sekda Banten

Staf Ahli Mendapat Jabatan Prestisius di Banten, Ini Kata Mantan Dirjen Otda

Sabtu, 2 Juli 2022 - 19:37
tjhajo

Soni Sumarsono: Tjahjo Kumolo Satu Satunya Menteri Tak Punya Nomor Rekening

Jumat, 1 Juli 2022 - 20:55
mypertamina

Pembelian BBM Subsidi Tidak Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina

Minggu, 3 Juli 2022 - 21:26
Menteri ATR BPN

Kementerian ATR/BPN Berkomitmen dan Berupaya sebagai Badan Publik yang Terbuka dan Transparan

Rabu, 25 Mei 2022 - 15:10

E-Paper

Koran Indoposco Edisi 4 Juli 2022 - Screenshot 2022 07 04 at 12.01.10 AM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 4 Juli 2022

by gimbal
Senin, 4 Juli 2022 - 00:04
Koran Indoposco Edisi 30 Juni 2022 - Screenshot 2022 06 30 at 12.20.30 AM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 30 Juni 2022

by gimbal
Kamis, 30 Juni 2022 - 00:26
Koran Indoposco 27 Juni 2022 - Screenshot 2022 06 27 at 12.12.04 AM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco 27 Juni 2022

by gimbal
Senin, 27 Juni 2022 - 00:15
www.indopos.co.id | indoposco.id

Copyright © 2022.

www.indopos.co.id | indoposco.id

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index

Copyright © 2022.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist