Misa Kenaikan Isa Almasih, Kapasitas Katedral Terbatas dan Sediakan Tempat Khusus Lansia

Katedral Jakarta

Umat kristiani tengah berdoa saat peringatan kenaikan Isa Almasih di Gereja Katedral Jakarta. Foto: YouTube/Komsos Katedral Jakarta

INDOPOS.CO.ID – Gereja Katedral Jakarta menggelar pelaksanaan ibadah misa dalam peringatan kenaikan Isa Almasih pada, Kamis (26/5/2022). Kapasitas gereja belum dibuka dengan maksimal 100 persen.

Humas Keuskupan Agung Katedral Jakarta, Susyana Suwadie mengatakan, sebanyak 1.300 bangku telah disiapkan untuk ibadah di salah satu area dalam gereja.

Biasanya terdapat tiga tempat yang dibuka untuk berlangsungnya ibadat perayaan keagamaan, yakni area dalam Gereja, aula Yohanes, serta area Plaza Maria.

“Jumlah kapasitas yang dapat masuk di area dalam gereja, aula atas dan plaza Maria adalah 1300-1400-an orang. Yang mana masih belum 100 persen dari kapasitas normal (hanya 75 persen maksimal),” kata Susyana di Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Ia mengimbau para jemaat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk penggunaan masker saat berada di aula gereja. Meski pandemi Covid-19 dinilai pemerintah telah terkendali.

“Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan. Di dalam gereja tetap harus menggunakan masker,” ujar Susyana.

Pihaknya telah menyiapkan tempat duduk untuk kelompok lanjut usia maupun penyandang disabilitas. Ibadah misa kali ini tidak ada pembatasan usia. “Area duduk lansia maupun berkebutuhan khusus diberikan area khusus,” tuturnya.

Ia menambahkan, ibadah perayaan kenaikan Isa Almasih tidak jauh berbeda denga misa yang dilaksanakan setiap Minggu. Termasuk soal pengamanan di lingkungan gereja.

“Misa Hari Raya Kenaikan Tuhan, sama dengan misa hari minggu biasa. Jadi tidak ada prosesi atau acara besar.
Pengamanan seperti halnya di misa minggu. Ada tim sekuriti dan tim pengamanan swadaya umat (Pamdal),” bebernya.(dan)

Exit mobile version