Calon Jemaah Haji Diimbau Waspada Cuaca Panas Ekstrem di Arab Saudi

Ibadah Haji

Ilustrasi ibadah haji. Foto: Pixabay

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Firman M Nur mengimbau para jamaah haji mewaspadai cuaca panas ekstrem di Arab Saudi. Diketahui suhu udara dapat mencapai 40-an derajat celcius.

“Ketahuilah, pelaksanaan haji saat ini di masa puncak musim panas. Kondisi saat ini 40, 41, hingga 45 derajat,” kata Firman dalam acara daring, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Ia menuturkan, pada pelaksanaan wukuf saat Hari Arafah di bulan Juli 2022 mendatang dapat lebih parah. Sebab suhu bisa menyentuh di angka 50 derajat celcius.

“Tiga hingga 4 minggu ke depan atau puncaknya saat di Arafah bisa 45 sampai 50 derajat,” tutur Firman.

Ia meminta jemaah menjaga stamina dan keadaan fisik. Dengan demikian, para jemaah bisa dengan maksimal menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut.

“Perlu diperhatikan para jemaah untuk menjaga fisik dan menjaga stamina, agar bisa melakukan semua tahapan haji dengan maksimal,” ucapnya.

Setelah dua tahun membatasi jumlah jemaah yang melaksanakan ibadah haji, pada tahun ini, pemerintah Arab Saudi kembali membuka pintunya bagi jemaah calon haji dari seluruh dunia.

Tahun 2022 ini, Indonesia cukup beruntung mendapatkan kuota sepersepuluh dari total jumlah calon haji tahun 2022. Arab Saudi memberikan kuota haji Indonesia sebesar 100.051 orang. Kuota tersebut terdiri atas 92.825 haji regular dan 7.226 haji khusus.(dan)

Exit mobile version