Hari Ini 3.169 Jamaah Berangkat ke Tanah Suci

Jamaah Haji

Jamaah haji berangkat ke Tanah Suci. (dok Kemenag)

INDOPOS.CO.ID – Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kementerian Agama (Kemenag), Ahmad Abdullah mengatakan, hari kedua operasional penyelenggaraan ibadah haji, ada 3.169 jamaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi.

“Mereka akan diberangkatkan dari 8 kelompok terbang (kloter) dari 5 embarkasi,” kata Ahmad Abdullah di Jakarta, Minggu (5/6/2022).

Ia menyebut, pada hari pertama, ada 2.763 jamaah dari lima embarkasi yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Jadi total jamaah yang diberangkatkan sampai hari ini sebanyak 5.945 orang.

“Pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Indonesia dibagi dalam dua gelombang,” bebernya.

Ia menjelaskan, gelombang pertama, jamaah akan mendarat di Bandar Udara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka akan menetap di Madinah dengan masa tinggal antara 8 -9 hari untuk menjalankan ibadah Arbain. Yaitu, Salat Wajib berjamaah dalam 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Selama di Madinah, selain berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi, jamaah juga akan mendapatkan paket ziarah ke berbagai tempat bersejarah seperti makam Baqi, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud,” ujarnya.

“Setelah menyelesaikan Arbain, jamaah akan diberangkatkan menuju kota Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib dengan mengambil miqat di Bir Ali,” imbuhnya.

Berikut data keberangkatan jamaah haji pada 5 Juni 2022:
1.Embarkasi Padang: PDG2 dengan 393 jamaah.
2. Embarkasi Jakarta Bekasi: JKS3 dan JKS4, masing-masing 410 jamaah.
3. Embarkasi Solo: SOC3 dan SOC4, masing-masing 360 jamaah.
4. Embarkasi Surabaya: SUB2 dengan 450 jamaah.
5. Embarkasi Jakarta Pondokgede: JKG2 dan JKG3, masing-masing 393 jamaah.
(nas)

Exit mobile version