Tingkatkan Kadar Antibodi, Masyarakat Diminta Segera Ikuti Vaksinasi Booster

menkes

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin. (Dok. Kemenkes)

INDOPOS.CO.ID – Masyarakat diminta untuk segera melakukan vaksinasi booster Covid-19. Vaksinasi booster terbukti berhasil meningkatkan kadar antibodi tubuh dalam melawan Covid-19.

Hal itu sesuai dengan hasil sero survei yang sudah dilaksanakan pada Maret 2022 lalu.

“Data sero survei yang bulan Maret 2022, kadar antibodi rata-rata sebelum booster itu sekitar 400 titer. Begitu divaksin booster, kadar antibodi naik beberapa kali lipat, sehingga akan sangat melindungi masyarakat,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, melalui keterangan tertulis, Minggu (5/6/2022).

Menkes Budi menungkapkan, hingga saat ini, capaian vaksinasi booster baru mencapai 25%. Karena itu, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, masyarakat diminta untuk segera mendapatkan suntikan booster di wilayahnya masing-masing.

“Bapak presiden juga sekaligus meminta untuk mempercepat stok vaksin yang banyak yang ada di daerah sekarang itu segera menerapkan booster,” kata Menkes.

Terkait dengan capaian vaksinasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat hingga 30 Mei 2022 secara total sudah lebih dari 413 juta dosis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat Indonesia, baik dosis 1, 2 maupun booster. Di mana sebanyak 200.246.648 jiwa masyarakat yang menerima suntikan dosis pertama. Sementara 167.391.090 jiwa masyarakat sudah menerima dosis kedua. Dan sebanyak 45.607.567 masyarakat yang mendapatkan vaksinasi dosis booster. (dam)

Exit mobile version