Suhu di Saudi Capai 44 Derajat Celcius, Jamaah Diminta Banyak Minum

Jamaah Haji

Jamaah haji Indonesia Foto: dok Indopos

INDOPOS.CO.ID – Suhu tertinggi di Arab Saudi mencapai 44 derajat celsius, namun terasa lebih panas seperti suhu 47 derajat Celsius pada siang hari. Sementara suhu terendah 33 derajat Celsius pada dini hari.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana di Jakarta, Selasa (7/6/2022). Ia mengimbau kepada jamaah haji untuk tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. Dan melengkapi alat pelindung diri dan memakai sandal atau alas kaki saat beraktivitas di luar.

“Jamaah haji juga perlu lebih sering minum sebelum haus, mengonsumsi vitamin, dan menjaga kesehatan dengan makan, minum, dan istirahat yang seimbang. Jangan tunggu haus agar terhindar dari dehidrasi,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada 7.054 jamaah haji Indonesia di Madinah. Dari jumlah tersebut, ada dua jamaah yang sedang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Tiga hari masa keberangkatan, lanjut dia, tercatat ada 22 jamaah yang keberangkatannya tertunda karena hasil PCR nya positif. Sebanyak 13 jamaah telah melakukan swab ulang dan hasilnya negatif.

“Mereka (hasil PCR negatif) sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Masih ada 9 jamaah yang harus ditunda keberangkatannya,” bebernya.(nas)

Exit mobile version