Dua Jemaah Haji Indonesia Alami Luka Bakar, Dokter Ingatkan Hal Ini

haji

Ilustrasi - Jemaah Haji asal Indonesia. Foto: dok INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Salah satu jemaah haji asal kelompok terbang (kloter) SUB Muhammad Nur Hamid mengalami luka bakar grade II. Dia merupakan pasien kedua dengan kasus luka bakar akibat tidak memakai sandal.

Nur Hamid tiba di KKHI pukul 14.30 waktu setempat diantar dokter kloter. Untuk observasi dan mendapatkan perawatan lebih lanjut, dia akan dirawat inap di KKHI Madinah selama beberapa hari kedepan.

“Setelah dilakukan debridement dan perawatan luka, kemudian pasien kami lakukan perawatan lebih lanjut rawat inap, agar luka cepat membaik,” kata dokter spesialis bedah dr Nur Eko Hadi Sucipto di ruangan observasi KKHI Madinah dalam laman resmi Kemenkes dilihat, Kamis (9/6/2022).

Ia menyatakan, kasus luka bakar karena tak memakai sandal tersebut merupakan kasus berulang pada jamaah haji. Maka jemaah diminta patuh terhadap ketentuan kesehatan.

“Kami tak henti-hentinya mengingatkan dan menyarankan jemaah, agar selalu disiplin dalam menerapkan pesan-pesan kesehatan,” ucap Eko.

Kaki melepuh merupakan kasus kedua yang ditangani dalam dua hari terakhir di KKHI Madinah. Pasien sebelumnya Basri Tasmin Basyir Arif, yang merupakan Jemaah haji embarkasi PDG.

Dia mendapatkan perawatan kaki melepuh pada minggu (5/6/2022). Untuk itu, seluruh jemaah agar selalu disiplin menerapkan tips-tips berhaji sehat sesuai dengan anjuran petugas kesehatan haji.(dan)

Exit mobile version