Kemensos Perbaiki dan Bantu Sambungan Listrik Rumah Lansia di Tasikmalaya

mensos

Kondisi rumah Ibu Mirah, salah satu lansia di Tasikmalaya Jawa Barat makin bagus setelah dapat bantuan dari Kemensos. Foto: Kemensos

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Sosial (Kemensos) membantu melakukan renovasi rumah warga Kampung Burujul RT/RW 012/003, Desa Cisempur, Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Dulu tempat tinggalnya reyot dan penerangan seadanya.

Rumah tersebut ditempati lansia bernama Mirah (77). Kini rumahnya menjadi kokoh dan resik. Para petugas dari Kementerian Sosial bergotong royong dengan berbagai unsur masyarakat setempat, memperbaiki rumahnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial (Tri Rismaharini) yang telah memberikan sebuah rumah yang layak huni. Hanya bisa berdoa semoga orang-orang baik diberikan balasan berlipat ganda,” ucap Ibu Mirah, sambil berlinang air mata, Senin (13/6/2022).

Dalam keseharian Mirah tinggal bersama dua anaknya di rumahnya yang sudah lapuk. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia bekerja di ladang milik orang lain dengan upah Rp20.000 per hari.

Uang itu hanya cukup untuk membeli beras 1 kg dan makanan seadanya. Selain sudah nyaman, rumah itu kini teraliri listrik PLN.

Bantuan diberikan dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 beberapa waktu lalu, menjadi momen keberuntungan bagi Mirah. Dia menjadi salah satu yang beruntung mendapat bantuan Rp20.000.000.

Di Tasikmalaya, Kemensos memberikan aneka layanan kepada lansia. Di antaranya dengan menggelar senam lansia, pemberian nutrisi setelah senam yaitu bubur kacang hijau dan kue rebusan, pembuatan E KTP dan pemeriksaan kesehatan, cek gula darah, kolesterol dan asam urat.

Selain itu, pendampingan lansia bagi 5 orang lansia dalam pemeriksaan dan operasi katarak, dan hiburan dari lansia untuk lansia.

Bantuan ATENSI yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan dasar, nutrisi bagi lansia; alat bantu lansia seperti tongkat kaki satu unit, tongkat kaki tiga unit, stroller, dan kursi roda. (dan)

Exit mobile version