Pemerintah: Pengaduan Jadi Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Publik

pan rb

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa (Kiri). ( Nasuha/INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menuturkan, kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) merupakan bagian strategi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kita sangat bersyukur inti daripada pengaduan ini merupakan salah satu strategi kami dalam rangka upaya meningkatkan kualitas layanan publik yang sesuai dengan Undang-Undang (UU) Pelayanan Publik,” ujar Diah Natalisa di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Sebagai penyelenggara negara, menurut dia, pemerintah wajib memberikan pelayanan terhadap seluruh masyarakat. Tujuannya untuk mendengarkan aspirasi, saran, maupun masukkan dari bawah.

“Komplain dari masyarakat juga bagian dari pelayanan, dan ini jadi evaluasi kita,” katanya.

Berangkat dari sana, dikatakan dia, seluruh instansi pemerintah harus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Perbaikan sendiri sumbernya dari masukkan dan kritik dari masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman Republik Indonesia menyelenggarakan kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4).

Pada puncak kompetisi P4 diberikan apresiasi kepada 17 Instansi Pemerintah (IP) terbaik dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik, yang terdiri dari 2 pemenang Kategori Instansi Pemerintah Outstanding Achievement.

Lalu 5 pemenang Kategori IP Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, 5 pemenang Kategori IP Aspek Keberlanjutan, Konektivitas dan Dampak Terbaik serta 5 pemenang Kategori Unit Pengelola Pelayanan Publik (UPP). (nas)

Exit mobile version