26 Persen Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 Perempuan Lolos Dialog Publik

logo komnas ham

Ilustrasi Komnas HAM. (Komnas HAM for Indopos)

INDOPOS.CO.ID – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 telah melaksanakan tahapan seleksi dialog publik pada 8-9 Juni 2022 secara luring. Hasil seleksi dialog publik mengacu pada tahapan seleksi.

“Tes diikuti oleh 50 peserta yang dinyatakan lolos tahapan seleksi tes tertulis obyektif dan penulisan makalah,” ujar Ketua Panitia Seleksi Prof Makarim Wibisono dalam keterangan, Kamis (23/6/2022).

Hasil penilaian pada tahapan seleksi dialog publik, menurut dia, Pansel telah memutuskan 27 orang pendaftar Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 dinyatakan lolos. Terdapat 7 pendaftar perempuan dan 20 laki-laki atau sekitar 26 persen kaum perempuan telah lolos tahapan seleksi dialog publik.

“Profesi para peserta yang lolos cukup beragam. Mereka tercatat sebagai aktivis, advokat, akademisi, jurnalis, ASN, pegawai swasta hingga petahana Anggota Komnas HAM RI,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, para pendaftar yang lolos tes tertulis selanjutnya mengikuti tahapan berikutnya, yaitu Psikotes. Tahapan ini dijadwalkan pada 29-30 Juni 2022 dengan metode tatap muka (luring) di Jakarta. Teknis pelaksanaan tes tersebut diberitahukan lebih lanjut melalui akun pendaftar dan website Komnas HAM RI.

“Pengumuman daftar nama tersebut dapat diakses melalui https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota,” katanya.

“Pansel berharap partisipasi dari seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan masukan kepada para pendaftar Calon Anggota Komnas HAM yang lolos seleksi Dialog Publik,” ucapnya. (nas)

Exit mobile version