Pemerintah Targetkan 50 Juta Orang Kuasai Literasi Digital di 2024

literasi digital

Pelatihan literasi digital. Foto: Kemenkominfo for Indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mengenal dan mengadopsi teknologi digital. Sehingga, dengan kemampuan tersebut mereka menjadi trainers untuk mengedukasi literasi digital di sektor pemerintahan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bonifasius Wahyu Pudjianto dalam keterangan, Senin (27/6/2022).

Sehingga, dikatakan dia, program tersebut mampu mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang terliterasi di 2024 mendatang.

Berdasarkan data, Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia 2021 menyebutkan Indonesia berada di kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00.

“Kami berikan pelatihan materi kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital,” katanya.

“Seperti Calistung (Baca, Tulis, dan Hitung) pada saat kita masih kecil, literasi digital tidak bisa lepas dari kehidupan kita pada saat ini,” imbuhnya.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah ASN di Indonesia adalah 4.168.118 orang. Sebanyak 961.629 orang (23 persen) adalah ASN Pusat, 549.353 orang (13 persen) adalah ASN Provinsi, dan 2.657.136 orang (64 persen) adalah ASN Daerah.

“Data tersebut menunjukkan bahwa ASN berpotensi sebagai aspek penting dalam percepatan transformasi digital untuk meningkatkan Indeks Literasi Digital nasional,” ungkapnya. (nas)

Exit mobile version