Fornas Bhinneka Tunggal Ika Akan Gelar Pra Rakernas

taufan

Sekretaris Jenderal Forum Nasional (Fornas) Bhinneka Tunggal Ika, Taufan Hunneman. Foto: Dokumen Pribadi

INDOPOS.CO.ID – Forum Nasional (Fornas) Bhinneka Tunggal Ika akan menyelenggarakan Pra Rakernas menuju Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023. Adapun pra rakernas merupakan perwujudan dari sila ke-4 musyawarah mufakat untuk mendengarkan aspirasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang kini sudah hampir tersebar di seluruh Indonesia yakni berjumlah 30-an.

“Musyawarah mufakat untuk meminta pandangan dari masing-masing DPD dan DPC terkait masa depan organisasi apakah akan bermetamorphosis atau hanya sekadar bertranformasi saja atau berafiliasi,” kata Sekretaris Jenderal Fornas Bhinneka Tunggal Ika, Taufan Hunneman dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, Pra Rakernas juga sebagai konsolidasi internal untuk memastikan tiga hal yakni ketertiban administrasi, ketertiban anggota dan persiapan Rakernas.

Taufan mengatakan, ini adalah momentum yang tepat, 5 sampai 10 tahun ke depan merupakan momentum generasi 98 untuk secara penuh berada dalam pusaran kekuasaan. Sebab itu spirit 98 yang juga menjadi nilai dari Fornas Bhinneka Tunggal Ika bukan sekedar menjadi bagian dari kekuasaan namun mampu menjadi trandsetter dari nilai-nilai yang harus diperjuangkan.

“Masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus diperjuangkan secara politik, seperti persoalan masyarakat adat dan agama nusantara, soal perjuangan hadirnya undang-undang toleransi serta masih banyaknya hak beragama yang belum terimplementasi selain itu juga reformasi yudikatif dan birokrasi yang harus diselesaikan, sebab demokrasi tanpa hukum sebagai panglima hanya menjadi alat kekuasaan,” tuturnya.

Taufan optimistis kerja-kerja gotong royong mampu membuat Fornas Bhinneka Tunggal Ika eksis. Diakuinya di usia 5 tahun Fornas Bhinneka Tunggal Ika mampu menghadirkan sejumlah kegiatan mulai dari historic run, pembuatan film sampai kegiatan-kegiatan di daerah yang tidak lepas dari gotong royong serta pembentukkan ekosistem keragaman di daerah.

“Karena itu Pra Rakernas akan menjadi milestone menatap perjuangan Fornas Bhinneka Tunggal Ika di masa depan,” ujarnya. (ibs)

Exit mobile version