Rektor UT: Waktu Tempuh Mahasiswa Tak Dibatasi

ut

Rektor UT Prof Ojat Darojat usai melakukan kerjasama dengan Universitas Al Azhar dan Pemprov Bengkulu. Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Universitas Terbuka (UT) memberikan kemudahan waktu tempuh kepada mahasiswa. Pernyataan tersebut diungkapkan Rektor UT Prof Ojat Darojat di sela-sela wisuda UT periode I tahun akademik 2021/ 2022 di kampus UT, Selasa (28/6/2022).

Ia mengatakan, tidak sedikit mahasiswa UT adalah karyawan yang bekerja. Sehingga tidak setiap semester mereka lapang. “Bisa saja semester sekarang mahasiswa ini lapang, tapi semester berikutnya bisa saja tidak lapang,” katanya.

Sehingga, lanjut dia, mahasiswa bisa mengambil cuti akademik. Dan cuti tersebut tidak dibebankan biaya. “Jadi mahasiswa bisa menempuh akademik sesuai kapasitasnya. Bisa saja selesai 4 tahun, 5 tahun atau bahkan lebih,” ujarnya.

Dan untuk memudahkan pembelajaran mahasiswa, masih ujar Prof Ojat, UT tidak hanya menggunakan pembelajaran jarak jauh. Tapi juga pembelajaran konvensional, untuk melayani mahasiswa di daerah tertinggal dan perbatasan.

“Seiring kemajuan teknologi, kualitas pembelajaran jarak jauh semakin baik dan hebat. Pembelajaran dilakukan 24 jam,” katanya.

“Dengan kemajuan teknologi, kami memiliki aplikasi yang bisa mengetahui kecurangan mahasiswa saat ujian. Seperti memakai jasa orang lain (joki),” imbuhnya.

Saat ini, dia menambahkan, jumlah alumni UT sebanyak 1,9 juta orang. Jumlah tersebut tidak mungkin dicapai oleh perguruan tinggi lainnya. Bahkan untuk calon pegawai negeri sipil 50 persen diisi oleh alumni UT.

“Lebih dari 9 ribu CPNS diisi oleh alumni UT,” bebernya. (nas)

Exit mobile version