Semangat Kolaborasi Kunci Kebangkitkan Ekonomi Nasional

Seminar

Webinar INDOPOS.CO.ID dan INDOPOSCO.ID "Jakarta Punya Hajatan Ekonomi Melesat" dipandu Pimpinan Redaksi INDOPOS.CO.ID Juni Armanto (sebelah kiri) bersama Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Edwin S Inkiriwang (tengah) dan Biro Perekonimian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Achmad Chudhoiri (kanan). Foto: INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Keberhasilan upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor mengalami pertumbuhan positif. Termasuk mencerminkan aktivitas ekonomi sudah kembali bangkit.

Mengetahui hal tersebut, perusahaan pers PT. Indonesia Digital Pos menyelenggarkan webinar sekaligus bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495. Dengan mengusung tema “Jakarta Punya Hajatan Ekonomi Melesat”.

Direktur Utama PT. Indonesia Digital Pos Syarif Hidayatullah membeberkan, dua alasan pengangkatan tema webinar tersebut. Pertama, momentumnya masih berbarengan dengan HUT DKI Jakarta. Ia mengharapkan, Jakarta menjadi kota yang maju.

“Ada dua alasan kita mengangkat tema ini. Pertama, Jakarta masih dalam kondisi ulang tahun ke-495. Semoga kotanya makin maju dan menjadi percontohan untuk kota-kota lainnya,” kata Syarif Hidayatullah dalam webinar INDOPOS.CO.ID dan INDOPOSCO.ID bertajuk “Jakarta Punya Hajatan Ekonomi Hajatan.” di The Kuningan Suites, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

Sementara alasan kedua, pada masa transisi menuju endemi Covid-19 ada banyak sektor yang tumbuh, setelah dunia tertinggal dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Tak bisa dipungkiri, seperti kita tahu Jakarta sudah ada pertumbuhan di tahun 2021 menurut catatan BI, itu triwulan keempat ada sekitar 3,64 persen dan terus naik sampai triwulan pertama tahun 2022, 4,30 persen,” tutur Syarif.

Pencapaian tersebut berkat kerja sama pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat luas. Menjaga kestabilan perekonomian dan sektor lainnya. Sehingga ekonomi mulai tumbuh lagi.

“Kita juga tak boleh lengah karena Covid-19 masih ada. Kita juga tidak tahu apakah akan ada inflasi berikut atau tidak. Maka itu mari kita kolaborasi membuat peluang usaha yang kita bisa manfaatkan,” ucap Syarif.

Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Edwin S Inkiriwang mengatakan, pihaknya memberikan akses para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

PT Pegadaian ditetapkan sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk untuk menyalurkan KUR menggunakan akad syariah. Sehingga masyarakat yang memiliki usaha produktif dapat pengembangan usahanya dalam jangka waktu tertentu.

“Pemerintah melalui KUR ini bisa membangkitkan ekonomi. Pegadaian hadir untuk salurkan KUR super mikro,” ujar Edwin.

Turut hadir dalam webinar INDOPOS.CO.ID dan INDOPOSCO.ID, Biro Perekonimian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Achmad Chudhoiri. Serta lewat virtual yakni, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara dan Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) H Beki Mardani. (dan)

Exit mobile version