Cegah Tindak Pelecehan Seksual di Transportasi Umum

Stop Pelecehan Seksual

Kampanye anti kekerasan seksual Foto: PT KAI for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) wilayah Daop1 Jakarta dan Komnas Perempuan melakukan kegiatan kampanye berani mencegah dan melapor tindak pelecehan seksual. Kampanye bersama dilakukan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Cikarang dan Karawang.

“Kegiatan ini untuk menggugah kesadaran masyarakat, agar tidak melakukan tindak pelecehan seksual di transportasi umum khususnya Kereta Api,” ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan, Rabu (29/6/2022).

Kampanye tersebut juga, menurut dia, untuk mengajak masyarakat agar saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan saat menggunakan layanan jasa KAI. Sehingga dapat terwujud transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.

“Masyarakat di stasiun kami ajak untuk menandatangani petisi anti pelecehan seksual di transportasi publik khususnya di stasiun dan kereta api,” ungkapnya.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengatakan, bahwa KAI perlu melakukan kampanye anti pelecehan seksual agar transportasi kereta api aman bagi perempuan.

Ia berharap KAI dan Komnas Perempuan dapat berkolaborasi untuk aspek edukasi dan pedoman kebijakan yang berlaku secara internal dan eksternal di KAI.

“Dengan kampanye tersebut KAI telah berkontribusi signifikan untuk pemenuhan hak konstitusional atas rasa aman, termasuk dalam menggunakan transportasi publik,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version