Waspadai Penipuan Catut Nama Jurnalis di Jakarta, Begini Modusnya

penipuan

Ilustrasi penipuan oleh hacker di media sosial. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Penipuan dengan mencatut nama seseorang masih marak. Salah satu modus yang dilakukan, membuat akun WhatsApp palsu. Kejadian itu menimpa sejumlah jurnalis di Jakarta.

Seperti halnya yang dialami Rama, wartawan Elshinta Radio. Kala itu, salah seorang teman lama secara tiba-tiba menghubungi lewat telepon. Lantaran ada seseorang mengaku dirinya mengajak berbisnis.

Teman lamanya itu mengira telah berkomunikasi dengannya waktu itu. Orang itu kemudian menunjukkan nomor diduga pelaku yang mencatut namanya. Profil akun WhatsApp pelaku menggunakan foto pribadinya.

“Tadi dia (pelaku) mengaku sebagai lu dan foto profil lu, terus intinya dia mengajak kerjasama bisnis barang elektronik,” kata Rama menceritakan kembali cerita temannya, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Ia mengemukakan, temannya itu diminta menyetorkan uang dengan total Rp30 juta sebagai uang muka. Rekannya itu mau menuruti permintaan pelaku karena seperti terhipnotis.

“Gua bilang, kok percaya aja transfer Rp30 juta? Dia bilang ‘gua kayak disirep bang, suaranya mirip banget sama elo’,” ucap Rama.

Rama menyarankan rekannya membuat laporan resmi ke polisi. Dipastikan, akun WhatsApp mencatut nama dan menggunakan foto melakukan tindak pidana penipuan. “Bisa dipastikan itu penipu, pakai foto gua yang ada di Facebook,” tuturnya.

Hal serupa dialami Ari Sandita wartawan dari Sindonewsdotcom, salah satu eks redakturnya menghubunginya karena menerima pesan dari seseorang yang mengaku dirinya.

“Sabtu (2/7/2022) siang diteleponin sama teman, kebetulan temen bekas redaktur saya, temen kasih tahu dia dapat chat WhatsApp dari seseorang yang mengaku saya,” ujar Ari.

“Bilang kalau itu nomor baru saya dan mau kasih info segala macam, yang mana ujung-ujungnya itu minta duit,” tambahnya.

Ari meminta eks atasannya itu untuk tak percaya dengan pesan yang dikirimkan nomor tersebut. Ia menegaskan, selama ini tak pernah mengganti nomor.

Pelaku diduga mencuri foto-foto yang pernah diunggah di akun media facebook. Sehingga, terlihat akun WhatsApp kepunyaannya.

“Makanya, eks redaktur hubungin saya buat memastikan benar atau tidak. Saya curiga foto WhatsApp yang dipakai itu dia ambil dari Facebook. Semoga belum ada yang kena tipu sama akun abal-abal itu,” ungkapnya. (dan)

Exit mobile version