Tingkatkan Literasi, Numerasi dan Sains Siswa, Guru dan Kepsek di 263 SD dan SMP Dibekali Pelatihan

guru

Praktik pelatihan guru dan kepala sekolah. Foto: Kemendikbudristek untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pelatihan bagi guru dan kepala sekolah sangat penting untuk meningkatkan kapabilitas sesuai tuntunan zaman. Pernyataan tersebut diungkapkan Dewan Pembina Tanoto Foundation (TF) Belinda Tanoto dalam keterangan, Rabu (6/7/2022).

Ia menyebut, program tersebut menyasar guru empat kabupaten, seperti Kampar (Riau), Muaro Jambi (Jambi), Tegal (Jawa Tengah), dan Kutai Barat (Kalimantan Timur). Dan 263 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Pelatihan menitikberatkan pada praktik baik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam literasi, numerasi dan sains,” bebernya.

Menurut dia, peningkatan kualitas tenaga pendidik atau guru menjadi cara paling efektif untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebab, kunci utama transformasi sistem pendidikan di Indonesia adalah kemauan pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

“Pelatihan selaras dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kendikbudristek). Kami ingin membantu para guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan diri,” terangnya.

“Kami juga sejak 2018 mendukung program pemerintah melalui Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran),” imbuhnya.

Hasil evaluasi program PINTAR, menurut dia, menunjukkan pencapaian siswa di sekolah mitra cenderung stabil. Kendati dua tahun terakhir pembelajaran dilakukan jarak jauh (PJJ).

“Dengan program tersebut guru mampu berinovasi dan menerapkan dalam pembelajaran. Ini penting untuk mencegah ‘learning loss’ selama pandemi,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version