Sejarah, Nissa Perempuan Pertama Jadi Ketua Umum DPP KNPI

Putri Khairunnisa

Putri Khairunnisa. Foto: Dokumen Pribadi

INDOPOS.CO.ID – Pada lanjutan Kongres XVI Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat-Sabtu, (8-9/7/2022). Hari yang penuh sejarah bagi organisasi induk kepemudaan, KNPI. Sebab bagaimana tidak, untuk pertama kalinya dalam sejarah, perempuan terpilih menjadi orang nomor satu DPP KNPI.

Putri Khairunnisa, perempuan yang sedang menempuh Pasca Sarjana Kajian Ketahanan Nasioanl di Universtas Indonesia (UI). Anak muda yang akrab di sapa Nissa ini, patutlah berbangga hati karena raihan reberhasilan, rekor yang terbilang langka ini tentu saja yang nanti-nantikan oleh kaum perempuan lainnya.

“Akhir kata, saya, semoga akan membawa keceriaan bagi KNPI dalam memajukan bangsa. Bukan ketua yang matang pagi, mentah sore,” ujar Nissa di waktu-waktu terakhir pidato kemenangannya.

Sebelumnya, akrab di sapa Nissa tidak terbilang baru ia terlibat aktif mengurus dan mengabdi di KNPI. Selain itu, perempuan rupawan yang masih terbilang belia ini juga pernah menjadi Ketua Umum Institute of Democracy and Education (IDE) Indonesia.

Namun begitu, perlu diketahui fakta atau kondisi riil KNPI saat ini yang tengah alami dualisme bahkan pecah berberapa.

Putri Khairunnisa ditetapkan sebagai Ketua Umum DPP KNPI melalui hasil Kongres XVI Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Ancol, Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Pengangkatan ini menjadi hari yang penuh sejarah bagi organisasi induk kepemudaan tersebut.

Sebab untuk pertama kalinya dalam sejarah, perempuan terpilih menjadi orang nomor satu DPP KNPI.

Putri Khairunnisa merupakan kader KNPI yang sedang menempuh Pasca Sarjana Kajian Ketahanan Nasional di Universtas Indonesia (UI).

Setelah melalui serangkaian persidengan Pleno, ketua sidang membacakan keputusan sidang, dengan menetapkan Khairunnisa sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI masa bhakti periode 2022-2025.

“Akhir kata, saya, semoga akan membawa keceriaan bagi KNPI dalam memajukan bangsa. Bukan ketua yang matang pagi, mentah sore,” ujar Nissa di waktu-waktu terakhir pidato kemenangannya.

Mantan Miss Asia Indonesia 2017 ini sendiri bukanlah sosok baru di KNPI. Dia terlibat aktif mengurus dan mengabdi di KNPI.

Selain itu, ia juga pernah menjadi Ketua Umum Institute of Democracy and Education (IDE) Indonesia. (rmn)

Exit mobile version