Wapres Salurkan Kurban kepada Masjid di Jabodetabek

kurban

Ilustrasi hewan kurban. Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Seperti tahun sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal Jakarta. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Wakil Presiden Purwono Prihantoro mengatakan, hewan kurban diperoleh dari peternakan di Bogor, Jawa Barat. Total hewan kurban sebanyak 18 ekor sapi dan tujuh ekor kambing.

“Selain di Masjid Istiqlal, Wapres juga melakukan kurban di sejumlah masjid yang terletak di wilayah Jabodetabek,” ujarnya, dalam keterangannya, Minggu (10/7/2022).

Beberapa masjid yang menerima kurban di antaranya Masjid Sunda Kelapa, Majelis Ulama Indonesia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Adapun berat sapi kurban Wapres berkisar antara 780 kilogram hingga 1 ton dengan jenis bervariasi seperti Limousine dan Simmental.

“Seluruh hewan kurban tersebut dipastikan telah diperiksa oleh Dinas Peternakan atau Dinas Ketahanan Pangan setempat dan dinyatakan sehat, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban,” kata Purwono.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin menyebut kegiatan berkurban mengandung dampak sosial yang positif. Karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, menurut Wapres, berkurban merupakan wujud kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca pandemi seperti sekarang ini,” ucapnya. (nas)

Exit mobile version