Dapat Jatah 5 Liter, Air Zamzam Dibagikan Jamaah Haji di Tanah Air

bangunan mekkah

Ilustrasi jamaah haji di Tanah Suci Mekah. Foto: Dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Jamaah haji Indonesia akan mendapat satu botol air Zamzam dengan kapasitas lima liter. Namun, tidak boleh dibawa langsung oleh jamaah.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kasi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara Edayanti Dasril dalam keterangan, Rabu (13/7/2022). Menurut dia, air Zamzam baru dibagikan di asrama haji debarkasi. Mekanisme ini untuk memudahkan jamaah haji

“Jadi jamaah haji Indonesia tidak perlu repot membeli air Zamzam. Semuanya akan dapat lima liter dan itu dibagikan di Tanah Air,” katanya.

Ia mengatakan, penimbangan dan pemeriksaan bagasi jamaah akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan jamaah ke Bandara Jeddah. Pemeriksaan untuk memastikan berat maksimal koper bagasi sesuai ketentuan, dan tidak ada barang yang dilarang dimasukkan, termasuk air Zamzam.

“Bersamaan itu dilakukan proses city check in. Koper bagasi jamaah akan sekalian dibawa,” ungkapnya.

“Dengan sistem city check in, baik orang maupun barang, maka jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi melakukan check in di bandara. Mereka bisa langsung proses imigrasi dan menuju waiting room,” imbuhnya.

Ia menambahkan, cara tersebut untuk memudahkan jamaah dalam proses kepulangan. City check in juga dapat mempercepat proses sehingga jamaah tidak kelelahan.(nas)

Exit mobile version