Edukasi Kebencanaan, TNI AL Gelar Penanggulangan Bencana di Sorong

TNI AL

Pelatihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) tahun 2022 di wilayah Lantamal XIV Sorong. Foto: TNI AL untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melalui Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Dispotmaral) melaksanakan Program Pelatihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) tahun 2022.

Kegiatan itu dilakukan untuk membangun kesadaran terhadap pentingnya memahami karakteristik ancaman. Sekaligus penanggulangan bencana alam di wilayah rawan bencana.

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Kadsipotmaral) Laksamana Pertama TNI, Suradi Agung Slamet mengatakan, pelatihan penanggulangan bencana merupakan program rutin setiap tahun. Agenda tersebut selalu di prioritaskan pada daerah-daerah rawan bencana.

“Kegiatan ini bertujuan menyadarkan masyarakat akan peningkatan kemampuan diri sendiri, kesiapsiagaan, kewaspadaan, sikap tanggap segera menyiapkan alat peralatan,” kata dia dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Selain itu, menyelamatkan diri dari resiko ganasnya ancaman bencana serta menghadapi terjadinya bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami di daerah pesisir.

“Maka dengan langkah antisipasi siaga bencana tersebut mampu menekan angka korban jiwa dan memahami langkah-langkah pertama, yang harus diambil saat terjadi bencana,” tuturnya.

Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut meliputi sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami, penanganan korban gempa bumi dan tsunami, sistem komando penanganan darurat bencana mekanisme penanganan kelompok rentan, penyandang disabilitas dan pengungsi.

Penanganan hewan ternak di daerah gempa bumi dan tsunami, manajemen kesiapsiagaan bencana, prosedur pelaksanan proses evakuasi mandiri dari ancaman risiko.

Pelatihan selama tiga hari tersebut diakhiri, dengan simulasi kesiapsiagaan bencana dan evakuasi mandiri masyarakat pesisir terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami.

Latgulben sebelumnya dilaksanakan pada 17-19 Mei 2022 di dua wilayah rawan bencana yaitu wilayah Lantamal I/Lanal Simeulue dan Lantamal II/Lanal Nias, sedangkan Latgulben di wilayah Lantamal XIV Sorong dilaksankan pada 12-14 Juli 2022. (dan)

Exit mobile version