Kunjungan Perdana Mentan Australia, Syahrul Sebut Kerja Sama Indonesia-Australia Makin Komprehensif

mentan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyambut kedatangan Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt (kanan) di kantor Kementerian Pertanian, Kamis (14/7). Foto: Kementan untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyambut kedatangan Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt di kantor Kementerian Pertanian, Kamis (14/7).

Kunjungan perdana Menteri Pertanian Australia ke Indonesia inim embicarakan tentang perjanjian kerja sama antara Indonesia dan Australia, terutama di bidang pertanian dan peternakan.

“Banyak hal yang kami diskusikan, isu global, tantangan-tantangan climate change, dan kebutuhan dua negara baik dalam pengamanan pertanian di Indonesia dan Australia,” ucap Syahrul.

Salah satu isu yang dibahas dengan serius dalam perjanjian kerja sama ini adalah masalah penyakit mulut dan kuku (PMK). Australia sebagai negara yang memiliki letak geografis yang dekat dengan Indonesia memberikan perhatian khusus dalam masalah ini.

“Kami telah menyiapkan 1 juta vaksin untuk PMK. Kami akan mengirimkannya ke Indonesia pada bulan Agustus, beberapa minggu lagi,” kata Mentan Australia.

Dalam perjanjian kerja sama yang dibahas hari ini, Pemerintah Australia berjanji akan menyiapkan bantuan berupa vaksin dan uang sebesar AUD500 ribu untuk pelatihan tenaga medis untuk menangani PMK.

“Saya tahu pemerintah Indonesia sangat memperhatikan penyebaran PMK dan kita juga berbagi kepedulian yang sama terhadap masalah ini,” sambung Murray Watt.

Selain masalah PMK, ada dua poin penting lainnya yang dibahas, yaitu mengenai nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang Pertanian dan Perternakan yang makin komprehensif serta kesiapan Australia dan Indonesia dalam menghadapi kelangkaan bahan pangan yang terjadi akibat climate change. Diharapkan perjanjian kerjasama ini akan semakin menguatkan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Australia. (nas)

Exit mobile version