Berdekatan Secara Geografi, Provinsi di Indonesia, Malaysia dan Thailand Sepakati Lakukan Kerjasama

anwar

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. Foto: Kemnaker for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mematangkan pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand-Triangle Growth (IMT-GT) Working Group Human Resource Development (WGHRD) ke-12.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi berharap pada pertemuan tersebut menghasilkan output yang positif.

Menurut dia, pertemuan tersebut melibatkan beberapa provinsi di tiga negara, Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang secara geografis berdekatan.

Kerja sama tersebut untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi, menghilangkan kesenjangan, dan meningkatkan kesejahteraan penduduk di tiga negara.

“Kita harus memanfaatkan platform kerja sama IMT-GT untuk mendorong proyek yang konkret bagi percepatan pertumbuhan ekonomi dengan tetap memperhatikan tantangan saat ini,” kata Anwar Sanusi dalam keterangan, Sabtu (16/7/2022).

Ia menyebut, dalam kerjasama tersebut membahas isu terkait kesehatan, revolusi industri, ketahanan pangan dan energi, kualitas sumber daya manusia, dan sumber daya berkelanjutan.

“Kami berharap IMT-GT menjadi subkawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif, dan berkelanjutan pada 2036,” ungkapnya.

Sasaran Fokus Area untuk WGHRD sebagaimana tercakup dalam Implementation Blueprint 2022-2026 adalah memiliki tenaga kerja yang kompetitif, peningkatan mobilitas tenaga kerja, peningkatan efisiensi pasar tenaga kerja, dan konektivitas antar masyarakat yang kuat pada tahun 2026.

“WGHRD akan menerapkan empat strategi utama, yaitu menerapkan pelatihan keterampilan yang didorong oleh permintaan, melakukan peningkatan kapasitas dan pertukaran pengetahuan,” ujarnya.

“Juga pengakuan kompetensi keahlian profesi di IMT-GT, dan meningkatkan mobilitas tenaga kerja melalui sistem berbagi informasi pasar tenaga kerja IMT-GT,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version