Pola Lokal di 3 Wilayah Ini Berpotensi Hujan dengan Intensitas Ekstrem

hujan

Ilustrasi - Kawasan ibu kota saat diguyur hujan. Foto: Dokumen indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Tujuh hari ke depan sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal ini dipengaruhi oleh dinamika atmosfer.

Pernyataan tersebut diungkapkan Guswanto secara daring, Minggu (17/7/2022). Ia menyebut untuk tanggal 17 dan 18 Juli 2022 potensi tersebut berpeluang terjadi di Aceh, Lampung, Sumatera Utara, Jawa Tengah.

Lalu, wilayah Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat.

“Hujan terjadi hampir merata di Indonesia,” katanya.

Untuk tanggal 19-21 Juli, masih ujar Guswanto, potensi hujan lebat masih berpeluang terjadi di Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Selain bencana banjir dan tanah longsor, masyarakat harus mewaspadai adanya kilat dan petir,” imbuhnya.

Ia menerangkan, saat ini masuk musim kemarau. Namun munculnya potensi hujan akan disertai kilat dan petir. Meskipun potensi kebakaran hutan berpotensi terjadi di daerah kekeringan.

“Untuk kebakaran hutan berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT),” terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, potensi hujan di wilayah selatan cenderung dengan intensitas sedang hingga lebat. Sementara di wilayah Utara hujan dengan intensitas sedang dengan ekstrem.

“Pola lokal di Maluku, Sulawesi Tenggara dan Papua cenderung hujan dengan intensitas ekstrem,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version