Diikuti 360 Negara, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah IOI 2022

IOI

Acara jumpa wartawan di Kemdikbudristek Foto: Nasuha/ indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Tahun ini Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34. Sekjen, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengatakan, pada event tersebut hadir 360 peserta dari luar negeri.

“Dari 360, 89 tim dan 72 di antaranya akan hadir langsung ke Indonesia,” beber Suharti di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Untuk mendukung kegiatan tersebut, menurut dia, dibutuhkan kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga pihak swasta.

“Kami mendapat sambutan baik dan dukungan yang luar biasa dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X,” ungkapnya.

Sementara itu, Praktisi Teknologi Informatika Ainun Najib mengatakan, trend dan peluang besar di bidang informatika sejak usia dini. Di mana mereka mempelajari prinsip-prinsip dasar bagaimana caranya menggunakan kecepatan komputer untuk membantu memecahkan masalah.

“Beberapa dekade terakhir banyak bermunculan inovasi teknologi. Kemampuan komputasi, kalkulasi dan otomasi, kecepatannya tumbuh secara eksponensial,” ujarnya.

Hal itu, kemudian, lanjut dia, sangat membantu manusia untuk mengambil alih beban pekerjaan. Yang dulu dikerjakan secara manual dengan pikiran dan tangan manusia.(nas)

Exit mobile version