KSAD Bakal Berperan Jadi Jenderal Urip Dalam Film Sejarah Sang Penggerak NU

ksad

Putra KH Wahab Chasbullah sekaligus Ketua PBNU KH Moh Hasib Wahab dan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrur Rozi bersama Jenderal Dudung Abdurachman. (Dok PBNU)

INDOPOS.CO.ID – Pondok Pesantren Tambakberas Jombang, Jawa Timur, bakal memproduksi film berjudul ‘KH Wahab Chasbullah Sang Penggerak NU’. Film tersebut merupakan bagian dari agenda menyambut usia satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

Proses pembuatan film itu akan didukung dan dibantu Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur mengatakan, Jendral Dudung direncanakan memainkan tokoh penting ketika bertemu mbah Wahab di suatu tempat di Jawa Timur.

“Jenderal Dudung sangat apresiasi kepada film ini, dan direncanakan akan mengambil satu peran sebagai Jendral Urip Sumoharjo ketika bertemu Kyai Wahab di Nganjuk,” kata Gus Fahrur dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Casting atau proses pemilihan pemeran dalam memerankan sebuah karakter di dalam film mbah Wahab akan dilakukan di 100 pesantren untuk menyambut satu abad harlah NU pada tahun 2023.

Menurutnya, film tersebut dibuat untuk mengenang jejak langkah keteladanan pahlawan nasional mbah Wahab Hasbullah dalam perjuangannya ikut mendirikan NU dan mengawal kemerdekaan Indonesia.

“Beliau adalah ulama nasionalis sejati yang berwawasan kebangsaan mumpuni,” terangnya.

Rencana pembuatan film tersebut telah dibicarakan oleh putra KH Wahab Chasbullah sekaligus Ketua PBNU KH Moh Hasib Wahab bersama Jenderal Dudung Abdurachman. (dan)

Exit mobile version