Mendikbudristek: Lulusan SMK Siap untuk Bekerja, Kuliah dan Buka Usaha

nadiem

Mendikbduristek Nadiem Anwar Makarim dalam acara daring. (dok indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Selama belajar di SMK, para peserta didik akan mendapatkan keterampilan. Baik hardskill maupun softskill. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbduristek) Nadiem Anwar Makarim dalam keterangan, Kamis (21/7/2022).

Menurut dia, dengan keterampilan yang mumpuni dan karakter yang tangguh, ketika lulus nanti siswa SMK bisa meraih cita-cita yang sesuai dengan minatnya. Baik melanjutkan studi ke perguruan tinggi atau langsung bekerja di industri dan membuka usaha sendiri.

“Dengan menerapkan Kurikulum Merdeka yang mengutamakan pembelajaran berbasis proyek, para pelajar SMK akan semakin merdeka untuk belajar dan berkarya,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, agar siswa SMK untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan berkarya selama belajar di SMK. “Jangan batasi ide dan gagasan kalian, kerjakan dengan penuh semangat dan tanpa mengenal kata menyerah,” katanya.

“Tentukan arah masa depan sesuai minat dan panggilan hati kalian masing-masing. Saya yakin adik-adik semua akan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang kreatif dalam berkarya, kompeten dalam bekerja, dan berkarakter Pelajar Pancasila,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yulianti menambahkan, seluruh peserta didik SMK di Indonesia akan memasuki fase baru dalam jenjang pendidikan. Untuk itu, harus memanfaatkan waktu selama di SMK, agar menjadi generasi Indonesia yang unggul.

“Seluruh peserta didik SMK agar belajar tidak hanya dari sumber yaitu pembelajaran di SMK. Anda bisa belajar dari siapa saja, dimana saja, tentang apa saja yang menarik perhatian Anda,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version