Moderasi Beragama Solusi Masalah Keagamaan

Moderasi-Beragama

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berforoto bersama, di sela pembukaan Internasional Conference on Religius Moderation (ICROM) 2022 di Jakarta, Rabu (27/7/2022). Foto: Kemenag untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, moderasi beragama adalah jawaban atas masalah keagamaan yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini. Ia berharap program diupayakan Kementerian Agama (Kemenag) tersebut terus digalakkan, agar masyarakat dapat hidup dengan nyaman dan damai.

“Sejujurnya, ada banyak potensi konflik di negara kita. Di beberapa wilayah, terjadi friksi, bahkan konflik fisik, yang dipicu atau diliputi isu agama,” ungkap Yaqut saat membuka Internasional Conference on Religius Moderation (ICROM) 2022 di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Sebab itu, lanjut dia, agar konflik tidak meluas dan melahirkan kerusakan yang lebih besar diperlukan cara pandang yang moderat, yang menjadi semangat moderasi beragama.

“Saya tegaskan, moderasi beragama adalah salah satu solusi terbaik saat ini. Dengan moderasi beragama, kita memiliki cara pandang dan sikap yang adil, seimbang, toleran, menghindari kekerasan dan cinta tanah air. Itulah yang disebut moderasi beragama,” jelas Yaqut.

Direktur Jendeal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kemenag Kamaruddin Amin menambahkan, moderasi beragama adalah solusi terbaik untuk menghadapi perbedaan pandangan keagamaan.

“Berbagai upaya telah kami lakukan untuk menyebarluaskan moderasi beragama, seperti mendorong guru agama dan penyuluh agama agar lebih aktif membuat konten atau dakwah digital yang bermuatan moderasi beragama,” ujarnya.

ICROM 2022, sambungya, adalah bagian dari agenda penguatan moderasi beragama. Dan menjadi forum untuk membahas dan mengumpulkan berbagai pemikiran dan pengalaman tentang moderasi beragama.

“Informasi dari panitia kami telah menerima 201 makalah. Namun karena keterbatasan tempat, kami hanya dapat mengundang 72 makalah untuk dipresentasikan pada konferensi ini,” terangnya.(nas)

Exit mobile version