Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, Pengamat: Tapaki Jejak Jenderal M Yusuf, Berkarakter Jenderal Soedirman

Dudung Abdurachman

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman. Foto: Instagram/@dudung_abdurachman

INDOPOS.CO.ID – Pengamat politik Eep Saefulloh Fatah berharap Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman menapaki jalan yang dirintis Jenderal M Yusuf. Dan menyempurnakannya menuju karakter kepemimpinan Jenderal Soedirman.

“Artinya apa? Dudung diharapkan peduli pada kesejahteraan rakyat sambil menjadi pemimpin AD (Angkatan Darat) yang berani mengambil risiko untuk menyelamatkan rakyat dan NKRI,” ujar Eep Saefulloh Fatah melalui gawai, Sabtu (30/7/2022).

Ekspektasi itu di antaranya, menurut Eep, Jenderal Dudung bisa memimpin AD dengan kepemimpinan berbasis empati. Apalagi, Jenderal Dudung menjalani karier kemiliterannya dari bawah. Dan dilahirkan dalam keluarga yang sangat bersahaja, bahkan serba kekurangan.

“Dia bisa mengalahkan tantangan-tantangan sepanjang jalan hidupnya, hingga akhirnya bisa mencapai puncak karier di AD,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Jenderal Dudung berpotensi memiliki modal empati yang sangat cukup terhadap masalah-masalah yang dihadapi prajurit, bukan cuma di level Perwira tapi juga Tamtama dan bahkan Bintara. Tak semua Jenderal punya modal empati yang cukup pada prajuritnya.

“Publik juga berpotensi punya ekspektasi Jenderal Dudung menjadi pemimpin AD yang teguh pada prinsip-prinsip dasar keprajuritan yang diajarkan Jenderal Sudirman,” bebernya.

“Salah satu ajaran pokok Jenderal Sudirman adalah berani mengambil risiko untuk menyelamatkan rakyat,” imbuhnya.

Dikatakan dia, banyak pihak melihat Jenderal Dudung punya potensi menjadi penganut dan pelanjut ajaran Jenderal Sudirman itu. Ia dianggap punya keberanian untuk bertindak tegas sambil siap menerima segala risiko. Dan keberaniannya tersebut terbangun oleh keyakinannya.

“Bahwa yang ia bela dan selamatkan adalah kepentingan rakyat secara luas serta kepentingan NKRI,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version