Komnas HAM Lanjutkan Tahapan Pemeriksaan Kasus Kematian Brigadir J, Ini Daftarnya

perkembangan-penyelidikan

Komnas HAM menyampaikan perkembangan penyelidikan soal peristiwa baku tembak sesama polisi di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Foto: Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal melanjutkan rangkaian pemeriksaan untuk mengungkap peristiwa baku tembak sesama polisi di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Termasuk melanjutkan pemeriksaan Siber Bareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Mabes Polri.

Sejauh ini, Koman HAM telah mengecek 20 rekaman CCTV dari 27 titik yang disita polisi. Salah satunya, CCTV berada di sekitar rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Pihaknya juga diperlihatkan telepon genggam, data cell dump, dan call data recorder Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat. Namun, prosesnya masih sekitar 20 persen untuk menguatkan bukti-bukti peristiwa itu.

“Minggu depan kami ada agenda permintaan keterangan lagi, yang pasti soal siber dan digital forensik kemarin belum selesai,” kata Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam dalam keterangan virtual, Sabtu (30/7/2022

Termasuk memanggil satu orang lagi Aide De Camp (ADC) atau ajudan Kadiv Propam Nonaktif, Irjen Ferdy Sambo. Dari tujuh orang yang diagendakan pemeriksaan pekan lalu, baru enam orang yang memenuhi panggilan.

“Berikutnya adalah penagguhan keterangan Adc yang kemarin belum datang, karena ada di luar kota. Sama orang seputaran (dekat) Irjen Ferdy Sambo dan Ibu Putri. Di situ kami akan periksa juga,” ujar Anam.

Selain itu akan melakukan pengecekan hasil uji balistik senjata yang diduga menyebabkan meninggalnya mendiang polisi muda itu, dan memeriksa DNA Brigadir J.

“Selanjutnya kami akan mengecek soal balistik, soal DNA dan soal yang memang diperlukan untuk membuat terangnya peristiwa,” imbuh Anam.

Adu tembak itu melibatkan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan rekannya Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

Komnas HAM telah rangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan Tim Forensik Kepolisian Indonesia (Polri), yang sempat mengotopsi jenazah Brigadir J. Termasuk mengecek jenazah sebelum dan sesudah diotopsi serta memeriksa para ajudan Ferdy Sambo. (dan)

Exit mobile version