Bea Cukai Paparkan Tugas dan Fungsinya kepada Pemuda

bc3

Bea Cukai terus mengedukasi masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai khususnya kepada para pemuda. Foto: Ditjen Bea Cukai untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Bea Cukai terus mengedukasi masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai khususnya kepada para pemuda.

“Edukasi terhadap generasi muda diimplementasikan oleh Bea Cukai melalui kegiatan Customs goes to School (CGTS), yaitu kunjungan Bea Cukai ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi siswa terkait ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai. Kali ini kegiatan CGTS berlangsung di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, tepatnya di SMA Negeri 1 Sinabang,” ujar Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana dalam keterangannya, Selasa (2/8).

Bea Cukai Meulaboh memaparkan materi terkait tugas dan fungsi Bea Cukai kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Meulaboh, pada Jumat (22/7). Selain itu, Bea Cukai Meulaboh juga memberikan informasi terkait Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) sebagai sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan.

Tak hanya CGTS yang diperuntukkan kepada siswa SMA, Bea Cukai Sampit juga berkesempatan menjadi narasumber dalam gelar acara kuliah umum yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Habaring Hurung Sampit, pada Kamis (21/7). Selain untuk menyosialisasikan ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai, hadirnya Bea Cukai pada kegiatan di perguruan tinggi juga sebagai bentuk sinergi Bea Cukai dengan sivitas akademika.

“Kolaborasi dengan sivitas akademika ini selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pemuda Indonesia. Hal ini bisa menjadi sarana membangun kesadaran (awareness) untuk terbuka dengan isu ekonomi dan keuangan khususnya terkait kepabeanan dan cukai,” terang Hatta.

Selain diundang pada acara kampus, Bea Cukai turut memberikan edukasi kepabeanan dan cukai terhadap mahasiswa yang berkunjung ke kantor Bea Cukai. Kali ini, Bea Cukai Makassar menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, pada Selasa (19/7). Selanjutnya, Bea Cukai Jawa Timur  I menerima kunjungan dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, pada Kamis (21/7).

“Kami berharap melalui edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan sinergi dengan sivitas akademika di bidang kepabeanan dan cukai,” pungkas Hatta.(ipo)

Exit mobile version