Jenderal Andika Jadi Warga Kehormatan Marinir TNI AL

TNI AL

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pimpin upacara Pembaretan kepada Panglima TNI Jenderal Andika. Foto: TNI AL

INDOPOS.CO.ID – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Muhammad Andika Perkasa resmi menjadi, warga kehormatan Korps Marinir TNI AL melalui prosesi penyematan Brivet Intai Para Amfibi Marinir dan Anti Teror Aspek Laut.

Prosesi itu dilakukan oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Serta penyematan baret Ungu Korps Marinir oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Pantai Todak, Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Kamis (5/7/2022).

Sebelum prosesi pengangkatan sebagai warga kehormatan, terlebih dahulu Andika Perkasa, meninjau sarana dan prasarana Pusat Latihan Pertempuran TNI AL 9 Dabosingkep dilanjutkan menyaksikan latihan Rubber Duck Operation (RDO).

Selain itu, terjun tempur dan penyelesaian sasaran strategis oleh Pasukan Taifib Marinir, bantuan tembakan dari Kapal Perang Indonesia juga dari Pesawat F16 TNI AU.

Andika Perkasa dampingi Komandan Denjaka dan Pasukan Khusus dari US Marines mengikuti perebutan sasaran musuh dengan teknik Pertempuran Jarak Dekat (PJD).

Pengangkatan dan pengukuhan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir adalah sebagai wujud penghargaan Korps Marinir kepada Pemimpin TNI atas kontribusi dan perhatianya, kepada kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, didasari beberapa pertimbangan, antara lain mengingat kontribusi dan perhatiannya yang besar dan sungguh-sungguh terhadap kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

“Di samping juga sebagai bentuk apresiasi atas keteladanan jiwa, sikap, semangat, dan komitmen yang tinggi yang diberikan kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut,” kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam keterangannya diterima, Jumat (5/8/2022).

Di antara para penerima penganugerahan tersebut, Jenderal Besar A.H. Nasution merupakan orang pertama menerima penganugerahan tersebut pada tahun 1965, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008.

Selain itu, Presiden RI ke 7 Ir. H. Joko Widodo pada tahun 2015 dan mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto pada tahun 2018 serta Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada tahun 2020.

Jenderal TNI Andika Perkasa, merupakan orang ke 40 memperoleh penganugerahan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. (dan)

Exit mobile version