Hasilkan Talenta Terbaik, Kementerian ATR/BPN Laksanakan Penulisan Makalah KRS

Kementerian ATR/BPN

Kegiatan penulisan makalah pengisian Kelompok Rencana Suksesi (KRS) Jabatan Administrator gelombang I tahun 2022, di Aula Prona lantai 7 Kementerian ATR/BPN. Foto: Kementerian ATR/BPN untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan kegiatan penulisan makalah pengisian Kelompok Rencana Suksesi (KRS) Jabatan Administrator gelombang I tahun 2022, di Aula Prona lantai 7 Kementerian ATR/BPN, Senin (15/8/2022). Kegiatan ini sebagai salah satu syarat agar dapat menemukan talenta terbaik yang akan ditetapkan dalam KRS untuk mengisi Jabatan Administrator.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi, Gunawan Muhammad saat membuka kegiatan menjelaskan bahwa Kementerian ATR/BPN telah mendapatkan predikat sebagai instansi yang menerapkan sistem merit dengan Sangat Baik. Menurutnya, hal tersebut sangat membanggakan. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Dengan harapan, melalui kegiatan seleksi dapat lahir pemimpin yang merupakan orang-orang terbaik dan dapat dipercaya untuk membawa organisasi mencapai sasaran strategis yang telah ditetapkan.

“Ke depannya kita akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pengelolaan SDM (sumber daya manusia, red) berbasis sistem merit, yaitu pengelolaan yang didasarkan pada kapasitas pegawai meliputi kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang adil dan wajar. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para talenta terbaik yang akan menjalani proses kegiatan pengisian KRS Jabatan Administrator ini. Berikan kemampuan kalian yang terbaik dalam proses seleksi ini, agar Saudara layak menduduki jabatan yang sesuai dengan kompetensi kalian,” ujar Gunawan Muhammad.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian ATR/BPN, Deni Santo menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari proses penerapan sistem merit di Kementerian ATR/BPN. Ia juga menambahkan, kegiatan ini menjadi bagian dari proses seleksi untuk menempatkan talenta unggul yang memenuhi kualifikasi dalam mengisi jabatan yang tersedia sesuai dengan kompetensi dan potensinya.

“KRS ini merupakan bagian dari sistem merit karena pada saat mereka menempati manajemen _talent_ terdapat nilai-nilai dan itulah merupakan sistem merit yang diimplementasikan untuk dapat digunakan dalam penempatan seleksi jabatan,” ungkap Deni Santo.

Ia juga berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan menghasilkan pemimpin yang dapat memberikan manfaat yang lebih, bergerak cepat, dan lebih maju khususnya untuk Kementerian ATR/BPN. Sehingga, tidak akan sembarangan dalam mengangkat pegawai untuk mengisi sebuah jabatan. Ia menjelaskan jika pegawai yang diangkat untuk menduduki suatu jabatan haruslah pegawai yang telah memenuhi kualifikasi dan sesuai dengan kompetensi serta potensi yang dimilikinya.

Kegiatan penulisan makalah pengisian KRS Jabatan Administrator ini diikuti oleh 460 orang yang terdiri dari 389 orang Pejabat Pengawas, 70 orang Pejabat Fungsional Ahli Muda, dan 1 orang Pejabat Fungsional Ahli Madya. Kegiatan ini bukan hanya diselenggarakan di Aula Prona Kementerian ATR/BPN bagi peserta yang berasal dari unit kerja pusat saja, tetapi juga di Kantor Wilayah BPN Provinsi serta sebagian di Kantor Pertanahan bagi peserta dari unit kerja daerah. (srv)

Exit mobile version