PSN Nikel Jadi Prioritas Jokowi, TNI Harus Jaga Stabilitas Keamanan

TNI

TNI tinjau smelter. Foto: TNI for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, hilirisasi nikel menjadi satu dari lima program nasional yang harus ditingkatkan. Untuk itu, stabilitas keamanan investasi hilirisasi nikel harus terjaga

“Setiap ada Objek Vital Nasional (Obvitnas) dan Proyek Strategis Nasional (PSN), secara tidak langsung menjadi tugas TNI untuk menjamin stabilitas keamanannya,” ujar Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dalam keterangan, Rabu (17/8/2022).

Ia mengatakan, TNI harus selalu melindungi proyek-proyek nasional yang bersifat strategis demi kemaslahatan orang banyak. Saat meninjau fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Nikel PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) Group di blok Lapao-lapao, Sulawesi Tenggara (Sultra), menurut dia, perlindungan aset didukung penuh negara.

“Untuk investasi smelter di Sultra masuk daftar PSN dan sebagian besar milik Penanaman Modal Asing (PMA),” katanya.

Ia memastikan proyek smelter nikel CNI Group beroperasi dengan pendekatan kemakmuran (prosperity). Dengan fokus pada agenda penguatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. “Kita lihat banyak bantuan, pembangunan masjid dan lainnya ini luar biasa. Di sini masyarakat diayomi, dilindungi dan dilibatkan,” ungkapnya.

Pendekatan lingkungan, masih ujar dia, harus menjadi komitmen perusahaan melalui penerapan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Agar aktivitas pertambangan tidak menimbulkan dampak ekologis. “Pendekatan keamanan juga harus dikedepankan,” ucapnya.

“Jadi kalau ada gangguan, maka itu tugas Dandim dan Korem dan saya juga untuk mengamankan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT CNI Group Derian Sakmiwata mengatakan, Nikel telah menjadi komoditi global dan salah satu komponen penting dalam industri kendaraan listrik. Sebab, tanpa nikel stainless dan mobil listrik tidak akan berjalan dengan baik.

“Kami apresiasi komitmen TNI, khususnya Pangdam Hasanuddin untuk menjamin stabilitas keamanan investasi smelter,” katanya. (nas)

Exit mobile version