Cacar Monyet Masuk Indonesia, 6 Upaya yang Harus Dilakukan Pemerintah

Penyakit-Monkeyfox

Ilustrasi cacar monyet. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menyatakan, ada sedikitnya enam upaya kesehatan harus dilakukan pemerintah menyusul temuaan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia. Salah satunya upaya peningkatan surveilans.

Surveilans merupakan suatu kegiatan yang sistematis dan terus menerus, terdiri dari proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data, serta penyebarluasan informasi kepada unit yang membutuhkan untuk pengambilan tindakan (WHO, 2004).

Termasuk perlu penelusuran kasus secara masif. Serta menggunakan pendekatan yang melibatkan masyarakat dalam menghadapi kasus cacar monyet.

“Ke satu peningkatan surveilan penyakit, ke dua penelusuran kasus yang ketat, ke tiga komunikasi risiko yang baik, ke empat keterlibatan aktif masyarakat,” kata Tjandra melalui gawai, Jakarta, Senin (21/8/2022).

Selain itu, upaya bisa menurunkan risiko seminim mungkin sehingga kemudian masalah penularan bisa dikendalikan. Serta melakukan vaksinasi cacar monyet.

“Ke lima upaya penurunan risiko (risk reduction measures) dan ke enam adalah vaksinasi. Kita tentu berharap agar di negara kita setidaknya ke enam upaya kesehatan ini dapat dilakukan dengan maksimal,” ujar Tjandra.

WHO menyatakan bahwa semua negara (tentu termasuk Indonesia) harus siap menghadapi cacar monyet yang memang sudah dinyatakan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD).

“Semua perlu melakukan upaya kesehatan masyarakat untuk menghentikan penularan cacar monyet dinegaranya, apalagi kalau sudah ada kasus seperti di negara kita ini,” imbuhnya.

Kementerian Kesehatan melalui juru bicaranya, Dr. Mohammad Syahril telah mengumumkan kasus cacar monyet pertama di Indonesia pada, Sabtu (20/8/2022). Pasien pertama cacar monyet di Indonesia itu ialah pria berusia 27 tahun, berasal dari Jakarta dan saat ini diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumah.(dan)

Exit mobile version