TNI Manunggal Bersama Rakyat Jadi Kewajiban Pertahankan Indonesia

dudung

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Dok Setkab)

INDOPOS.CO ID – Wakil Ketua Majelis Syuro Dewan Pimpinan Pusat Partai Ummat MS Kaban memberikan apresiasi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sebab gencar menjalankan program TNI Manunggal.

Hal tersebut disampaikan perihal diresmikannya sepuluh (10) pompa hidraulik ram (hidram) di Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), oleh Jenderal Dudung.

“Jadi TNI manunggal dengan rakyat itu adalah sebuah kewajiban di dalam mempertahankan NKRI, sesuai amanat Undang-Undang,” kata Kaban saat dihubungi wartawan, Jumat (2/9/2022).

Menurutnya, sebuah kewajiban TNI dekat dengan rakyat dan membangun Indonesia ke arah lebih baik.

“Itu sudah kewajiban. Memang TNI harus menyatu dengan rakyat karena berdirinya Indonesia adalah menyatunya TNI dengan rakyat,” ujar Kaban.

Di sisi lain, ia mengingatkan tentu tidak terjebak pada tatanan politik praktis selama memimpin TNI AD. TNI harus saling bahu membahu dengan rakyat membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Jangan sampai TNI menjadi alat kekuasaan.

“Sesuai dengan amanat kinstitusi saja, panyatuan TNI dengan rakyat itu panggilan sejarah, jadi harus menyatu, tidak boleh dipsahkan TNI dengan rakyat,” imbuhnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan sepuluh (10) pompa hidraulik ram (hidram) di Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (31/8/2022).

Dudung menjelaskan peresmian sepuluh pompa hidram itu adalah wujud pelaksanaan Program TNI AD Manunggal Air untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Selain Program Manunggal Air, TNI AD melalui Komando Distrik Militer bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan melaksanakan program ketahanan pangan yang saat ini telah membuka lahan tidur seluas 53 hektare ditanami jagung,” cetus Dudung. (dan)

Exit mobile version