Tak Hanya Prestasi, O2SN Tumbuhkan Nilai-nilai Sportifitas Siswa

O2SN

Pelaksanaan O2SN Foto: Kemdikbudristek for indopos.co.id Area lampiran

INDOPOS.CO.ID – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) menjadi semangat mempromosikan pentingnya olahraga bagi anak-anak sekolah. Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti, dalam keterangan, Selasa (6/9/2022).

Selain meningkatkan kesehatan peserta didik, menurut dia, dengan ajang O2SN mendorong para siswa saling mengenal antara daerah. “Melalui ajang ini, kami mendorong adanya rasa saling mengenal anak-anak Indonesia dari seluruh pelosok negeri,” ungkapnya.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi menambahkan, tujuan pelaksanaan O2SN memberikan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi terbaik yang dimiliki peserta didik. Selain menjadi kesempatan bagi para peserta untuk membuktikan prestasi mereka di tingkat nasional.

“Total peserta yang akan berpartisipasi dalam O2SN 2022 sebanyak 1.351 peserta dengan rincian 319 peserta SD/MI, 319 peserta SMP/MTS, 272 peserta SMA/MA, 242 peserta SMK, dan 197 peserta SLB,” bebernya.

“Melalui acara ini, kami juga hendak menumbuhkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai sportivitas, melalui pertandingan sembilan cabang olahraga (cabor) yaitu Pencak Silat dan Karate untuk jenjang Dikdasmen, Tolak Peluru, Bocce, Tenis meja, Bulu Tangkis, Basket, Balap kursi roda, serta Lompat Jauh Tanpa Awalan untuk jenjang Diksus,” imbuhnya.
(nas)

Exit mobile version