Kembangkan Pengetahuan dan Kemampuan KWT Lewat Pertanian Cerdas Iklim

Evaluasi-KWT

Pertemuan Evaluasi Kelompok Wanita Tani SIMURP Tahun 2022. Foto: Dok Kementan

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pertanian terus melakukan pembinaan dan pendampingan pada Kelompok Tani (Poktan) atau Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Kelompok Wanita Tani (KWT).

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) Kementan telah membina dan optimalisasi kelembagaan wanita tani.

Pemberdayaan wanita tani dilakukan, untuk meningkatkan skill dan pengetahuan yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan bagi para petani.

“Kegiatan SIMURP dengan target KWT ialah, mengembangkan potensi kemampuan para wanita tani agar menjadi SDM mandiri dan bermanfaat,” kata Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi saat membuka Pertemuan Evaluasi Kelompok Wanita Tani SIMURP Tahun 2022 dalam keterangannya, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/9/2022).

Sementara Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Bustanul Arifin Caya mengatakan, mencapai target peningkatan Indeks Pertanaman (IP) semula 180 persen menjadi 200 persen, maka menggunakan pendekatan Climate Smart Agriculture (CSA).

Menurutnya, tahun 2021 kegiatan SIMURP telah memberikan fasilitas mesin dan peralatan pengolahan industri rumah tangga hasil pertanian, hal itu dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

“Lebih dari 108 KWT yang telah mengikuti kegiatan dari beberapa wilayah SIMURP, dan hasilnya mampu meningkatkan produktivitas dan menambah pendapatan dan kesejahteraan mereka,” ujar Bustanul.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Supriyanto menambahkan, SIMURP telah memberikan tambahan energi di Provinsi Jawa Tengah dengan ilmu pemasaran yang disesuaikan dengan kondisi manajemennya.

Sedangkan untuk produk-produk kemasan, perlu dikawal hingga mendapakatkan PIRT. “Khusus KWT Kota Solo, lebih banyak mengelola budidaya pertanian di lingkungan rumah tangga,” imbuh Supriyanto.(dan)

Exit mobile version