Kementerian PUPR : Peran Himperra Dalam Program Sejuta Rumah Sangat Dibutuhkan

Rakernas-Himperra-2022

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022 dan Milad ke-4 Himperra di Bali, Kamis (8/9/2022) malam. Foto/humas Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai para pengembang yang tergabung dalam Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) sangat berperan penting dalam pencapaian Program Sejuta Rumah di Indonesia.

“Kami (Kementerian PUPR-red) ingin memberi apresiasi setinggi- tingginya atas peran Himperra sebagai salah satu mitra strategis pemerintah dalam rangka mendorong penyediaan hunian layak huni dan terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sekaligus mewujudkan tercapainya Program Satu Juta Rumah,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022 dan Milad ke-4 Himperra di Bali, Kamis (8/9/2022) malam.

Menurut Menteri PUPR, bangsa Indonesia patut bersyukur karena di tengah masa pandemi Covid-19, sektor properti merupakan sektor masih tumbuh positif. Berdasarkan data BPS, Ekonomi Indonesia triwulan I-2022 tumbuh sebesar 5,01 persen (year-on-year).

“Di antara pertumbuhan tersebut, perumahan yang masuk ke dalam sektor real estate atau properti merupakan sector yang tumbuh positif sebesar 3,78 persen,” terangnya.

Himperra, imbuhnya, sebagai asosiasi profesi pengembang perumahan telah menunjukkan kapasitasnya sebagai mitra sejajar pemerintah dalam menyediakan rumah bagi MBR. Oleh karena itu, Kementerian PUPR juga telah memberikan apresiasi kepada Himperra sebagai salah satu asosiasi pengembang yang telah membangun rumah terbanyak bagi MBR pada perayaan malam puncak Hapernas 2022 tanggal 25 Agustus 2022 yang lalu.

Sebagai informasi, Himperra juga memberikan rumah gratis bagi tiga pegawai Kementerian PUPR pada acara Rakernas Himperra yang lalu. Hal tersebut merupakan wujud kepedulian Himperra kepada pegawai Kementerian PUPR yang tergolong MBR yang belum memiliki rumah.

“Saya berharap melalui Rakernas ini dapat menjadi momentum bagi seluruh anggota Himperra ntuk semakin berkembang, solid dan kuat guna menyongsong industri properti yang semakin dinamis dan penuh tantangan dalam beberapa tahun kedepan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himperra, Endang Kawidjaya menyatakan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan Program Sejuta Rumah bagi masyarakat. Hal itu dikarenakan Program Sejuta Rumah sangat bermanfaat dalam penyediaan hunian layak dan terjangkau sekaligus mendorong perekonomian nasional.

“Kami siap mendukung Kementerian PUPR dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah serta memberikan masukan kepada pemerintah untuk meningkatkan pembangunan rumah bagi masyarakat,” katanya. (gin)

Exit mobile version