Wamen ATR/Waka BPN Harapkan Kolaborasi dengan Mahasiswa demi Capaian PTSL yang Lebih Masif

Kementerian ATR/BPN

Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN Raja Juli menerima cendera mata dari Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani. Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus meningkatkan capaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Raja Juli Antoni selaku Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN turut mendorong kolaborasi demi capaian PTSL yang lebih masif, termasuk dengan mahasiswa.

Hal ini disampaikan oleh Wamen ATR/Waka BPN dalam kunjungannya ke Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (9/9/2022).

Ia mengutarakan dukungannya terkait upaya Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Gresik dalam mencapai Kabupaten Lengkap dengan bersinergi dengan beberapa pihak, salah satunya dengan UMG.

“Saya mengetahui dari Pak Rektor dan Pak Kepala Kantah bahwa akan ada 1.700 mahasiswa yang akan terlibat dalam PTSL melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), sehingga diharapkan rencana mewujudkan Kabupaten Gresik Lengkap (pendaftaran tanah, red) InsyaaAllah tercapai,” ujar Raja Juli Antoni.

Wamen ATR/Waka BPN mengungkapkan, ini adalah suatu contoh baik terkait kolaborasi untuk mewujudkan capaian PTSL yang lebih masif.

“Saya berharap, di kabupaten dan kota lain juga dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan kampus-kampus. Bersama-sama dengan Kementerian ATR/BPN dalam memberikan kepastian hak kepada masyarakat,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Raja Juli Antoni juga mengisi kegiatan Kuliah Umum bagi mahasiswa baru UMG. Dalam pidatonya, Raja Juli Antoni mengutip Surah Al-Mujadalah ayat 11 yang berbunyi bahwa Allah meninggikan derajat bagi manusia yang memiliki iman dan ilmu.

“Menjadi mahasiswa itu bisa menjadi sebuah kelebihan yang diberi Allah SWT. Oleh karena itu, mahasiswa harus belajar secara serius,” imbaunya.

Wamen ATR/Waka BPN juga berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar gemar membaca buku, berdiskusi, berani menulis, serta aktif di organisasi baik intra maupun ekstra kampus.

“Membaca buku dapat membuka jendela dunia. Sedangkan, dengan berdiskusi kita dapat berani membahas dan menemukan gagasan-gagasan baru,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan Kuliah Umum, Wamen ATR/Waka BPN menyerahkan 5 (lima) sertipikat aset milik Persyarikatan Muhammadiyah.

Pada penyerahan tersebut, Raja Juli Antoni didampingi oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Kepala Kantah Kabupaten Gresik, Asep Heri. (ipo)

Exit mobile version