Aplikasi PeduliLindungi Kembali Normal, Sempat Error Bukan Ulah Bjorka

PeduliLindungi

Fitur check-in PeduliLindungi. Foto: Dok Kemenkes

INDOPOS.CO.ID – Aplikasi Pedulilindungi kini dinyatakan telah normal kembali, sebelumnyaa sempat dikeluhkan warga karena kesulitan membukanya. Hal itu disampaikan lewat akun Instagram PeduliLindungi.id, Rabu (14/9/2022).

“Saat ini aplikasi mobile dan web PeduliLindungi sudah dapat diakses kembali per 09.30 WIB,” tulis akun Instagram tersebut.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril menyampaikan, informasi serupa bahwa aplikasi tracing Covid-19 tersebut sudah dapat kembali diakses. “Sekarang sudah normal kembali,” ucap Syahril secara terpisah melalui gawai.

Ia menyatakan, kendala yang dialami aplikasi PeduliLindungi tidak ada kaitannya dengan hacker Bjorka yang belakangan ramai diperbincangan di media sosial. Lantaran diduga membocoroan data pribadi pejabat negara. “Nggak (kaitannya),” jelas Syahril.

Kemenkes sebelumnya menyatakan, saat ini laman web dan aplikasi PeduliLindungi tidak dapat diakses karena sedang dalam proses pemeliharaan rutin.

“Dalam beberapa jam web dan aplikasi PeduliLindungi dapat segera digunakan kembali,” tutur Syahril.

Kemenkes sudah menginformasikan kepada pihak KKP, pengelola bandara, dan transportasi publik terkait gangguan ini. Pengelola jasa dipastikan tetap memberikan pelayanan.

Masyarakat harap dapat menunjukkan sertifikat vaksinnya (yang telah diunduh/disimpan) saat melakukan perjalanan dengan transportasi publik.

“Masyarakat juga diimbau untuk segera melakukan update aplikasi PeduliLindungi versi terbaru. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” imbuh Syahril.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, yang tersedia untuk gawai dengan sistem operasi Android dan juga iOS, serta tersedia juga versi web. (dan)

Exit mobile version