Jambore Nasional Bank Sampah 2022, UBL Edukasi Kepedulian Lingkungan

Wendi-Usino

Rektor UBL, Wendi Usino memberikan keterangan soal kegiatan Jambore Nasional Bank Sampah (JNBS) 2022. Foto: Dok Video Indopos.co.id/Fauzan Azima

INDOPOS.CO.ID – Universitas Budi Luhur (UBL) menggelar Jambore Nasional Bank Sampah (JNBS) 2022, mulai 14-17 September. Dengan melibatkan berbagai masyarakat, komunitas dan pegiat Bank Sampah se-Indonesia.

Rektor UBL, Wendi Usino mengatakan, kegiatan tersebut menjadi tempat berkumpul, berbagi serta bertukar pikiran tentang ide-ide positif tentang pengetahuan lingkungan. Sekaligus menjadi bagian dari pelestarian lingkungan.

“UBL sedang menyelenggarakan Jambore Nasional Bank Sampah yang mengundang para pegiat linkungan, khususnya bank sampah untuk bersilaturahmi, bertukar pikiran sambil bejalar juga mengelola bank sampah dengan baik,” kata Wendi kepada Indopos.co.id di UBL, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2022).

UBL merupakan instansi pendidikan yanh aktif dalam pengelolaan kampus ramah lingkungan melalui Bank Sampah UBL, sebagai wadah pengelolaan sampah dan tempat sosialisasi lingkungan di masyarakat.

“Mengundang para pegiat berbagi ilmu best practice, yang sudah mereka lakukan terhadap upaya melestarikan lingkungan. Kenapa itu kami lakukan? karena UBL sangat konsen dengan lingkungan,” tutur Wendi.

Bahkan UBL punya bank sampah yang menjadi pusat edukasi kepada masyarakat, bagaimana mengelola sampah dari rumah. Sehingga tidak terjadi pembuangan sampah tidak tepat.

“Kedua, kita punya pusat studi lingkungan dan pusat kendaraan listrik yang juga menghasilkan produk ramah lingkungan,” ujar Wendi.

Adapun beberapa komunitas dan pegiat lingkungan yang akan terlibat yaitu dari Bank Sampah seIndonesia, Gammawaste, Lion International, Perbanusa, Pilah Sampah, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Trash Hero, Lingkungan Siapa, dan masih banyak lagi.

Sementara maskot Jambore Nasional Bank Sampah 2022 memiliki filosofi, yaitu: Pertama, bumi: Sesuai tema “Wujudkan Bumi Sebagai Rumah Bersama” menggambarkan rumah manusia yang sedang dalam kondisi yang memprihatinkan diakibatkan kurangnya kesadaran dalam diri manusia. Bumi yang kita panggil sebagai rumah semakin lama semakin mengalami kerusakan.

Kedua, lumba-lumba yang terjerat rantai sampah: merupakan representasi kondisi makhluk dan alam yang mengalami kerusakan akibat dari ulah manusia. Maskot tersebut merupakan hasil prakarya panitia JNBS 2022 sebagai bentuk komitmen memberikan pengetahuan dan kesadaran pentingnya pengelolaan sampah.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Pegadaian. Rangkaian kegiatannya seperti, lokakarya pengelolaan sampah berkelanjutan, kegiatan bersih-bersih serempak di seluruh dunia. Festival jajanan nusantara, workshop sekolah adiwiyata dan dimeriahkan grup band GIGI.(dan)

Exit mobile version