Pengacara Seniman Aceh Tetap Somasi Penyelenggara Erlangga Art Awards

Pengacara Seniman Aceh Tetap Somasi Penyelenggara Erlangga Art Awards - zul ms - www.indopos.co.id

Seniman Aceh Zul MS komplain penerbit Erlangga terkait lukisannya yang dikuasai sepihak. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Kuasa hukum seniman asal Aceh Zul MS, Nourman Hidayat, tetap bakal somasi penyelenggara Erlangga Art Awards. Lantaran penyelenggara telah melanggar aturan yang ditetapkan. Meski mereka berencana mengembalikan lukisan kliennya tersebut.

“Kami tetap kirimkan somasi ke Erlangga. Kesalahan mereka tetap,” kata Nourman, Rabu (14/9/2022).

Zul MS telah menghubungi pihak penyelenggara Erlangga. Mereka berjanji akan mengembalikan lukisan kliennya. “Namun kemudian mereka meralat, karena lukisan itu dipakai panitia untuk pameran lainnya,” ucap Nourman.

Berdasar informasi yang diterimanya bahwa lukisan itu sempat ditawar oleh pembeli. Tentu jika benar, dikhawatirkan kliennya bisa merugi. “Kemudian Zul memohon agar panitia kembalikan, dan tidak direspon. Sehingga Zul mengalami kerugian,” imbuhnya.

Zul MS sebelummya mengajukan komplain kepada panitia pameran lukisan dari Penerbit Erlangga. Lantaran lukisan miliknya diduga dikuasai sepihak oleh panitia setelah mengikuti perlombaan.

Lukisan yang dimaksud berjudul ‘Kemilau Nusantara’ merupakan hasil karya intuisinya pada tahun 2018, jauh sebelum perlombaan lukisan digelar penerbit Erlangga, namun kini dikuasai tanpa seizinnya oleh panitia.

Penerbit Erlangga melalui panitia Erlangga ArtAwards mengadakan Painting Festival pada bulan Februari hingga Juni 2022.

Zul kemudian mendapat nominasi Painting Festival dan selanjutnya menjadi salah satu pemenang favorite dengan hadiah sebesar Rp1.000.000.

Masalah baru muncul setelah kegiatan pameran itu, lukisan Zul tidak juga dikembalikan kepada dirinya sebagai pemilik sah. Ia mempertanyakan kenapa panitia tidak mengembalikan lukisannya kepada dirinya.

Manager Marketing Cummunication PT Penerbit Erlangga Irving William P. W menyatakan, lukisan milik Zul tidak diakui sepenuhnya oleh penerbit.

pihak panitia diklaim sudah mengikuti prosedur dan ketentuan lomba yang berlaku. Lukisan karya Zul MS tersebut diikutsertakan dalam pameran dan tidak menjadi hak milik Penerbit Erlangga seutuhnya.

“Untuk selanjutnya, kami akan menyelesaikan dan mengkomunikasikan secara langsung kepada vapak Zul MS,” jelas Irving dalam keterangannya, Senin (13/9/2022). (dan)

Exit mobile version