Jaga Kualitas Udara, Pemerintah Dorong Masyarakat Bersepeda

goweser

Para goweser Jelajah Gunungkidul di BPSDA Gedong Kuning, DI Yogyakarta. (Dok KLHK)

INDOPOS.CO.ID – Kesadaran masyarakat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga lebih meningkat, terutama sejak pandemi Covid-19. Salah satu olahraga, yang menjadi pilihan ialah bersepeda atau gowes.

Seperti halnya kegiatan Jelajah Gunung Kidul, di samping untuk meningkatkan kesehatan juga berkontribusi pada Bumi untuk rendah emisi.

“Dengan gowes, kita akan mengurangi emisi sehingga Bumi kita menjadi lebih baik dan kualitas udara lebih bersih, langit tetap biru,” kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong saat melepas goweser Jelajah Gunungkidul di BPSDA Gedong Kuning, DI Yogyakarta, Sabtu (17/9/2022).

Ia menginginkan, kedepannya kegiatan gowes tersebut bertransformasi menjadi satu kegiatan yang semakin dicintai masyarakat Indonesia.

“Sehingga kita bisa mewujudkan Indonesia rendah emisi, udara bersih dan langit biru,” tutur Alue.

Selain itu, bahwa sangat penting kegiatan bersepeda ini dijadikan perhatian pemerintah pusat maupun daerah.

“Salah satunya dengan adanya trek atau jalur khusus sepeda, sehingga tidak bercampur dengan kendaraan lain, seperti sekarang,” imbuhnya.

Ia menceritakan pengalamannya, saat tinggal empat tahun di Brisbane Australia, bahwa pesepeda menjadi bagian ekosistem transportasi yang dihormati.

“Di sana itu direspek pesepeda dan pejalan kaki itu, karena treknya rapih dan aman. Berbeda dengan di Indonesia, sering diklakson oleh para pengendara mobil atau motor. Dianggap mengganggu lalu lintas,” cerita Alue. (dan)

Exit mobile version