Tujuh Provinsi Ini Tunjukkan Tren Peningkatan Kasus Covid-19

Ilustrasi-tenaga-kesehatan

Ilustrasi tenaga kesehatan mengenakan pakai alat pelindung diri (APD) di tengah situasi pandemi Covid-19. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengemukakan, ada tujuh provinsi yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Sebagian besar terjadi di luar wilayah Pulau Jawa. Itu tercatat hingga, Kamis (15/9/2022).

Di antaranya, Papua Barat, Sulawesi Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Jambi dan Sulawesi Tengah. Peningkatan kasus Covid-19 itu tetap membuat status PPKM Level 1.

“Pada update 15 September 2022, jadi ada tujuh provinsi yang mengalami peningkatan kasus harian dalam satu minggu,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril saat jumpa pers perkembangan Covid-19, Monkey Pox dan Hepatitis Akut di Indonesia, Jumat (16/9/2022).

Kondisi berbeda dialami di wilayah Jawa-Bali sebagai rujukan angka nasional, telah melampaui puncak kasus dan mulai menurun secara perlahan.

Sebanyak 2.651 dari total 33.775 orang dites dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, dengan “positivity rate” 7,85 persen atau lebih tinggi dari batas minimum yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencapai 5 persen.

Bahkan berdasar catatan Kemenkes dalam dua minggu terakhir terjadi tren penurunan kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia, yakni dari 4.078 menjadi 2.507 kasus.

Termasuk kasus aktif di Indonesia mengalami penurunan dalam dua minggu terakhir, yakni dari 45.759 menjadi 32.480 kasus. “Ini satu kabar yang menggembirakan bagi kita,” tutur Syahril.(dan)

Exit mobile version