Kemenparakraf dan BI Sumsel Launching BKSS, Libatkan 200 UMKM

Beli-Kreatif-Sumsel

Menparekraf Sandiaga Uno, Wamen Parekraf Ibu Angela Tanoesoedibjo, Gubernur Sumsel Herman Deru, Kemenko Marinves diwakili Odo Manuhuttu dan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Selatan Bp Erwin Soeriadimadja melaunching BKSSsebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Foto/Humas BI Sumsel

INDOPOS.CO.ID – Kemenparekraf dan BI Sumatera Selatan launching Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

BKSS akan berlangsung dari September sampai November 2022. Bulan September ditandai launching BKSS pada Rabu (14/9/2022) secara bersama oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Wamen Parekraf Ibu Angela Tanoesoedibjo, Gubernur Sumsel Herman Deru, Kemenko Marinves diwakili Bp Odo Manuhuttu dan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Selatan Bp Erwin Soeriadimadja

Kepala BI Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja menyampaikan BKSS merupakan wujud sinergi Kemenparekraf, Pemerintah Daerah dan berbagai pihak yang melibatkan 200 UMKM dari kuliner, kriya, & fesyen lolos kurasi.

Kegiatan ini dilengkapi dengan onboarding, digitalisasi pembayaran, business matching dan termasuk aktivasi BKSS di Serpong Mall 14-18 September, guna memperluas branding BKSS.

Erwin juga menyampaikan bahwa event tersebut juga diadakan Expo Pempek sebagai kuliner universal dan mendunia yang diikuti hampir 40 pelaku pempek.

“Expo ini juga pernah dilakukan di pusat pariwisata Bali,” kata Erwin kepada Indopos.co.id, Minggu (18/9/2022).

Erwin Soeriadimadja menambahkan event ini juga mengangkat pemberdayaan ‘Pangan Kreatif’ yang memiliki double impact tidak hanya dorong ekonomi, tapi juga ketahanan pangan yang saat ini terus digaungkan melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

“Pasarnya terbuka lebar karena saat ini terdapat 21% pelaku ekraf Sumsel bergerak di pangan (subsektor paling besar), disamping dari besarnya andil industri mamin terhadap industri pengolahan 50%,” ujarnya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan komitmen mendukung pemulihan ekonomi di Sumsel selain melalui BKSS, juga melalui Poltekpar Palembang yang akan menghasilkan SDM unggul berbasis pariwisata masyarakat.

Mantan Wagub DKI ini juga apresiasi langkah Pemda dan BI Sumsel mendukung ketahanan pangan melalui GNPIP, dan apresiasi terobosan pemberian souvenir benih cabai dan sayuran di berbagai kegiatan, termasuk kepada seluruh peserta BKSS.

“Tolong masyarak jaga ketahanan pangan dan kreatifitas pangan,” kata Sandi

Gubern Sumsel Herman Deru menyampaikan bahwa pelaku ekonomi kreatif termasuk para petani menjadi garda terdepan.

“Kegadiran BKSS menambah semangat pelaku ekonomi kreatif agar lebih kreatif, inovatif, dan produktif sekaligus dapat mengakselerasi pertumb ekonomi Sumsel yang pada triwulan II-2022 mencapai 5,18%, “ungkapnya

Gubernur Sumsel juga berharap BKSS dapat mencapai hasil terbaik pada acara puncak Harvesting BKSS tgl 11-12 Nov di Palembang & Danau Ranau OKU Selatan.

Selesai acara pembukaan, Menteri bersama Gubernur Sumsel dan juga lain berbelanja di UMKM mencoba pembayaran dengan QRIS, yang menyatukan berbagai aplikasi pembayaran.

Kemudian lanjut ke UMKM binaan BI Sumsel menikmati kopi yang sudah go ekspor dan UMKM Pempek yang menjadi juara inovasi pangan. (gin)

Exit mobile version