Kenang Azyumardi Azra, Muhadjir Effendy: Ilmuan Islam Memiliki Integritas Tak Diragukan Lagi

Ketua-Dewan-Pers

Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra. Foto: dewanpers.or.id

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengenang, almarhum Ketua Dewan Pers mendoakan almarhun Prof Azyumardi Azra. Sosok berpengaruh dan konsisten di bidang akademik.

“Profesor Dr Azyumardi Azra salah satu ilmuan kita, yang memiliki reputasi akademik intergritas yang tidak diragukan lagi,” kata Muhadjir usai pemakaman Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Seluruh masyarakat Indonesia sangat kehilangan figur Azyumardi. Pemikirannya berorientasi pada nilai-nilai sejarah pembentuk bangsa dan mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui pendidikan berbasis Islam moderat.

“Kita sangat kehilangan atas pemberian beliau, karena khasanah intelektual yang telah dia bangun, yang beliau bangun sangat bermakna sekali bagi kemajuan bangsa ini, khususnya yang di dalam bidang sosial, kebudayaan,” tutur Muhadjir.

Apalagi sosoknya dikenal sebagai cendekiawan muslim dan Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Tak lupa, ia mendoakan agar seluruh amal kebaikannya diterima Allah SWT.

“Plus ilmuan keislaman dan tentu saja kita semua berdua, mudah-mudahan beliau mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan membawa seluruh amal kebajikannya,” imbuh Muhadjir.

“Keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran dan betul-betul mengikhlaskan agar beliau betul-betul tidak terhalang di dalam perjalanan,” tambahnya.

Pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, telah selesai dilakukan pagi tadi pukul 09.20 WIB.

Prof. Dr. Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Kedah, Selangor Malaysia, Minggu (18/9/2022) pukul 12.30 waktu setempat.

“Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra di Rumah Sakit Kedah, Selangor Malaysia hari Minggu 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat,” ungkap Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya.(dan)

Exit mobile version