AMSI Dorong Jurnalis Lebih Peduli Isu Kesehatan

Workshop-AMSI

Danone Indonesia dan AMSI gelar webinar tentang kesehatan dal program Cyber Media Forum. Foto: Dok AMSI

INDOPOS.CO.ID – Pembangunan kesehatan nasional merupakan salah satu hal menjadi fokus pemerintah. Dengan memastikan pemahaman seputar pentingnya kesehatan, pemenuhan nutrisi dan hidrasi serta gaya hidup sehat.

Sekjen Asosiasi Media Siber Indonesia Wahyu Dyatmika mendorong, para insan pers dapat mengambil peran di tengah situasi kesehatan nasional yang masih menjadi tantangan tersendiri bagi publik dan pemerintah.

“Sebagai insan pers yang menjalankan perannya sebagai sumber penyedia informasi, diharapkan dapat mengangkat berita tentang isu kesehatan terverifikasi dari sumber-sumber kredibel,” kata Wahyu dalam webinar bertajuk Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menjelang Endemi Covid-19, Kamis (22/9/2022).

“Sehingga dapat menjadi rujukan bagi publik, agar mereka mampu menyikapi informasi dengan tepat sasaran,” tambahnya.

Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menjelaskan, pertumbuhan informasi digital begitu cepat merupakan tantangan harus mampu diimbangi media massa.

Namun tetap memegang prinsip informasi yang akurat, faktual, dan akuntabel. Upaya untuk meningkatkan kualitas jurnalisme terus dilakukan dengan cara memberikan pendidikan dan uji kompetensi rekan-rekan jurnalis.

“Selain dari tujuan kami terhadap peningkatan jurnalis, kami juga berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengedukasi masyarakat akan isu kesehatan dan nutrisi melalui jurnalis sebagai key opinion leader dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat,” ujar Arif.

Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes, Drg. Widyawati menyampaikan materi seputar Perkembangan Penanganan Covid-19 dan Isu Kesehatan Masyarakat menjelaskan.

Dalam penanganan permasalahan kesehatan, pemerintah akan terus melakukan kebijakan sesuai perkembangan terbaru terhadap beberapa isu kesehatan prioritas, seperti penanganan Covid-19 hingga stunting.

“Indikator kesehatan di Indonesia termasuk penanganan Covid-19 dapat membaik dengan kolaborasi multipihak dan dukungan dari masyarakat dan media,” ucap Widyawati.

Kegiatan tersebut merupakan program Cyber Media Forum, edukasi untuk peningkatan kompetensi bagi media online dan membangun ruang berbagi media dalam menghasilkan hasil karya jurnalistik dalam isu kesehatan di berbagai portal berita. (dan)

Exit mobile version