Pakar: Pemimpin Berkualitas Itu Bukan Karena Elektabilitas

pemilu

Ilustrasi simulasi pemilu. Foto: Bawaslu for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menilai Ketua DPR RI Puan Maharani adalah sosok yang tepat untuk diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurut dia, kiprah Puan di kancah politik sudah cukup mumpuni. Keberhasilan Puan, dikatakan dia, bisa dilihat sejak menjadi ketua Fraksi PDIP di DPR RI saat menjadi partai Oposisi di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Setelah periode SBY, PDIP mendulang kesuksesan. Begitu juga saat dia menjabat sebagai Menteri Koordinator PMK di tahun 2014 hingga 2019,” ujar Emrus Sihombing dalam keterangan, Kamis (29/9/2022).

Ia mengatakan, Puan mewarisi darah Soekarno dan Megawati Soekarno Putri sebagai tokoh politik inklusif. “Puan sosok berkualitas sebagai pemimpin, bukan pemimpin menurut elektabilitas,” ujar dia.

Hal yang sama diungkapkan Peneliti politik Jerry Massie. Dia mengatakan, perempuan punya nilai lebih dalam memimpin, begitu juga dengan Puan. Untuk dia, kata dia, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menjadikan Puan seorang pemimpin yang dicalonkan PDIP.

“Megawati sudah mempersiapkan Puan untuk maju sebagai capres. Apalagi sekarang dia (Puan) sudah ada pengalaman,” ujarnya.

Terkait wacana tiga periode yang belakangan digaungkan, menurut dia bukan jadi hambatan Puan maju sebagai Capres 2024. “Jika ada yang membicarakan 3 periode anggap saja itu hanya khayalan,” ungkapnya.

Ia menyebut ‘political is the queen of social science’ bukan king of social science adalah ratu bukan raja dari semua jenis ilmu sosial. Dia mengibaratkan PDIP adalah ratu yang masuk kategori pepatah tersebut. “Jadi PDIP ratunya, dan cocok jika mencalonkan Puan,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version