Said Didu: Mafia Tambang Itu Bekerja dengan Berbagai Modus

Said Didu: Mafia Tambang Itu Bekerja dengan Berbagai Modus - said didu - www.indopos.co.id

Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Said Didu (kanan), dalam acara daring. Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Said Didu mengatakan, mafia tambang bekerja tak hanya di lapangan. Mereka bekerja dengan melakukan berbagai modus.

Ia berbagi cerita saat Menteri Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menawarkan jabatan di internal kementerian yang dia pimpin. Dari mulai Sekretaris Jenderal (Sekjen), Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas hingga Dirjen Listrik.

“Saat itu aku menginginkan jabatan Dirjen Minerba (Mineral dan Batubara). Aku ingin sekali melawan para mafia tambang saat itu,” kata Said Didu dalam acara daring, Rabu (5/10/2022).

Ia menyebut, di dalam Minerba banyak sekali orang yang menginginkan jabatan dan kekuasaan. Mafia bekerja sampai pada pembahasan anggaran.

“Kalau itu belum masuk, maka anggaran diputar-putar, tapi kalau sudah masuk baru anggaran diketok,” kata Said Didu.

Menurut dia, saat mencalonkan Dirjen Minerba, proses seleksi dilakukan dengan ketat. Dan nilai saat itu paling tinggi

“Tapi saya gagal menjadi Dirjen Minerba, karena ada orang yang tidak setuju. Dia orang yang sangat berpengaruh,” ungkapnya.

“Dirjen Minerba itu dikelilingi oleh mafia-mafia tambang. Kalau saya menjadi Dirjen, maka semua mafia akan saya sikat,” tutup Said Didu. (nas)

Exit mobile version